19 October 2021 09:58 WIB

Seatbelt Hyundai Bisa Diatur Menyesuaikan Postur Pengendara

Mobil-mobil Hyundai tentunya semua sudah memiliki seatbelt. Sebuah peranti keselamatan dasar yang kini sudah diwajibkan ada hampir di setiap negara. Seatbelt sendiri masih wajib digunakan bahkan ketika mobil sudah memiliki peranti keselamatan lengkap seperti Hyundai Santa Fe.

Baca juga: Seat Belt Pre-Tensioner: Keselamatan Penumpang Semakin Aman

Pada mobil-mobil Hyundai seperti Hyundai Santa Fe, Hyundai Palisade, maupun Hyundai Staria yang baru saja dirilis, seatbelt dari mobil-mobil ini memiliki pengaturan (adjuster) agar bisa dinaik turunkan.

Memangnya, kenapa adjuster ini penting?

Hal ini untuk menunjang keselamatan orang yang memiliki perbedaan tinggi. Sama seperti jok, seatbelt juga harus bisa diatur untuk menyesuaikan dengan tinggi.

Jika seatbelt terlalu tinggi bagi beberapa orang, maka bisa saja sabuk malah berada di dekat leher, ini bisa berbahaya karena bisa menyebabkan cedera serius. Sabuk seatbelt sebaiknya berada di area dada.

Kemudian jika terlalu rendah, maka proteksinya tidak maksimal. Ketika terjadi tabrakan, badan bisa saja tertahan, hal ini serupa seperti seatbelt 2 titik, kurang efektif.

Untuk itu, PT Hyundai Mobil Indonesia sangat merekomendasikan untuk memanfaatkan fitur seatbelt yang bisa diatur ini. Karena, keselamatan pengguna dan penumpang mobil Hyundai dan pengguna jalan lainnya adalah prioritas.