25 August 2022 09:49 WIB

Seberapa Seringkah Filter Bahan Bakar Sebaiknya Diganti

Bukan rahasia lagi bila mobil memiliki beragam filter pada sistemnya, mulai dari oli, udara, sampai bahan bakar. Filter-filter ini sendiri tentunya perlu diganti secara berkala dengan jangka waktu yang berbeda-beda.

Tidak seperti filter oli yang sebaiknya diganti setiap penggantian oli, filter bahan bakar memiliki jangka hidup yang sedikit lebih panjang.

Baca juga: Bisakah Mesin Diesel Hyundai Tenggak Solar ‘Goceng’?

Filter bahan bakar seringkali terlupakan untuk diganti. Padahal perannya penting, yaitu mencegah kotoran pada tangki atau bensin untuk masuk ke jalur bahan bakar atau injektor.

Penggantian filter ini sebenarnya juga tergantung kualitas bahan bakar pada area Hyundai Lovers. Pada kondisi normal, PT Hyundai Mobil Indonesia merekomendasikan melakukan penggantian filter setiap 20.000 sampai 30.000 Km.

Jika area Hyundai Lovers memiliki kualitas BBM yang kurang baik, terutama untuk diesel, maka interval tersebut sebaiknya dimajukan menjadi 5.000 sampai 10.000 Km. Hal ini karena mesin diesel Hyundai sudah sangat canggih sehingga sebaiknya diberikan BBM diesel kualitas tinggi.

Dengan melakukan penggantian filter, maka Anda akan mencegah kerusakan pada sistem bahan bakar sampai injektor yang tentunya tidak murah penggantiannya.

Hyundai Lovers bisa menjadwalkan penggantian filter pada servis mobil Hyundai Anda di jaringan bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia. Anda bisa melakukan booking secara online melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service.

Share