17 August 2022 08:02 WIB

Seberapa Seringkah Sebaiknya Mobil Di-Wax?

Beberapa waktu lalu, PT Hyundai Indonesia mendapatkan informasi mengenai frekuensi ketika memoles mobil dari @ilovedetailing.ID. Tetapi, bagaimana dengan wax? Apakah aman memberikan wax ke permukaan mobil sering-sering? Lalu apa ada hal yang perlu dipertimbangkan? Kami pun kembali mendapatkan insight dari Bryant selaku pemilik dari @ilovedetailing.ID.

Pertama-tama, Bryant yang merupakan detailer umahan ini menuturkan sebenarnya ada 2 jenis utama dari wax, yaitu wax dan sealant.

Baca juga: Apakah Boleh Poles Mobil Sering-Sering?

“Biasanya wax itu terbuat dari bahan organik natural seperti jenis carnauba yang merupakan dari tumbuh-tumbuhan, wax jenis ini menghasilkan warna yang sangat glossy namun tidak bisa bertahan lama. Biasanya, sebulan bisa hilang tergantung situasi sekitar,” ujar pemuda kelahiran tahun 2000 ini.

Dengan kata lain, wax natural yang sering ditemui pada pasaran mudah hilang dan disarankan untuk menambah lapisan wax setelah kurang lebih satu bulan.

Kemudian, ada juga yang berjenis sealant. Bryant menuturkan bahwa sealant yang biasanya terbuat dari bahan sintetis polimer memiliki daya tahan yang lebih lama. Hanya saja, hasil gloss-nya tidak sekuat wax carnauba. 

Namun, kini sudah banyak wax jenis hybrid atau gabungan dari polymer dan carnauba. Wax jenis ini cenderung tahan lama dengan hasil gloss yang baik. Sehingga, jenis hybrid ini cukup banyak digunakan para detailer baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Untuk jenis sealant maupun hybrid ini, Bryant merekomendasikan untuk mengaplikasikan ulang pada interval 3 hingga 6 bulan.

Apa ada pertimbangan ketika hendak melakukan waxing pada mobil? Tentu ada.

Pertama, kondisi permukaan mobil sebaiknya dalam kondisi prima, baru dicuci, serta minim kerusakan. Tentunya, sebaiknya permukaan mobil tidak memiliki waterspot karena wax atau sealant akan mempersulit menghilangkan waterspot bila ada.

Bryant juga menuturkan wax juga bisa digunakan pada mobil yang sudah mengalami paint correction atau light polish bila ada waterspot. Hal ini untuk memaksimalkan kilauan dari cat mobil Hyundai Anda yang akan di-waxing.