19 July 2021 09:54 WIB

Segera Cek Rem Bila Harus Menginjak Dalam

Apakah Hyundai Lovers pernah merasakan kalau rem mobil harus diinjak lebih dalam dari biasanya untuk berhenti? Atau bahkan rem terasa tidak ‘gigit’?

Tentunya itu merupakan pengalaman yang kurang baik ya Hyundai Lovers. Apalagi, kejadian seperti ini bisa menyebabkan kecelakaan karena jarak pengereman yang bertambah.

Jika salah satu gejala yang dirasakan adalah pedal rem yang harus diinjak dalam-dalam, maka kemungkinan besar ada masalah pada piringan remnya.

Hal ini karena pada rem cakram, kaliper harus menggigit piringan rem. Jika sudah tipis, otomatis kekuatan gigitannya akan berbeda karena kaliper memiliki batasan jarak gigitannya.

Hal ini seringkali terjadi ketika mobil sudah melewati 30.000 km. Piringan rem yang sering dipakai untuk mengerem akan semakin tipis seiring dengan pemakaian. Atau, biasanya sering terjadi ketika piringan sudah tidak rata, diperhalus dengan cara dibubut agar bisa kembali rata dan halus untuk meminimalisir getaran.

Jika sudah tipis, maka piringan rem sebaiknya diganti karena tidak ada cara menambah ketebalan piringan rem. Untuk penggantian, tentunya percayakan ke bengkel resmi Hyundai yang akan memberikan pelayanan terbaik dengan suku cadang orisinil yang sudah teruji performa dan kualitasnya.

Selain diganti, sistem rem juga akan dicek sehingga sistem pengereman mobil bisa selalu diandalkan dan tidak mengalami blong.

 

Share