12 May 2022 09:40 WIB

Seiring Berjalannya Waktu, Berikut 3 Ciri Alternator Lemah

Setiap mobil dengan pembakaran internal tentunya memiliki alternator. Tujuannya adalah sebagai sumber energi kelistrikan mobil di luar aki, misalnya untuk aksesori, mesin dan lainnya.

Ketika alternator aktif, maka alternator akan menyuplai tenaga untuk mobil dan juga mengisi daya aki jika ada kelebihan.

Baca juga: 4 Penyebab Aki Cepat Habis

Namun, alternator tidaklah abadi. Seringkali alternator sudah melemah seiring berjalannya waktu. Apa saja ciri alternator lemah? Ada beberapa cirinya, diantaranya adalah:

1. Mesin Brebet

Ketika alternator lemah, maka mesin akan mengandalkan tenaga dari aki untuk kelistrikan. Dengan tenaga yang relatif minim, maka kekuatan busi juga berkurang membuat mesin menjadi lemah dan seringkali brebet.

2. Aki Cepat Habis

Karena aki tidak mendapatkan pengisian daya dari alternator, maka otomatis aki akan cepat soak. Biasanya, tidak sampai seminggu, aki bisa habis karena daya kelistrikan terus digunakan tanpa diisi.

3. Elektrikal Lemah

Ketika alternator tidak bekerja dengan baik, maka kinerja komponen elektrik tidak akan 100%. Lampu akan terasa redup, dan stater akan terasa sulit, merupakan tanda-tanda alternator sudah mengalami penurunan kemampuan. 

Guna memastikannya lebih lagi, maka PT Hyundai Mobil Indonesia menyarankan mengunjungi jaringan bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia untuk melakukan pengecekan, dan juga perbaikan untuk mobil Hyundai Anda.

Untuk itu, Hyundai Lovers dapat mengecek jaringan bengkel resmi Hyundai cukup dengan mengklik link berikut: https://hyundaimobil.co.id/network-contact.

Share