Sejarah Berdirinya “N” Sebagai Lini Kendaraan Performa Tinggi Hyundai (Bagian 1)
“N” sebagai lini kendaraan performa tinggi dari Hyundai, lahir pada tahun 2012. Dimulai ketika Hyundai Namyang R&D Center mengumpulkan tim peneliti baru yang terdiri dari pengembang dan penggemar mobil yang berdedikasi.
Di Paris Motor Show 2012, masih pada tahun yang sama, Hyundai mengungkap mobil konsep i20 WRC dan mengumumkan keikutsertaannya sebagai produsen di WRC. Hyundai kemudian mendirikan cabang Hyundai Motorsport (HMSG) di Eropa pada bulan Desember, dan pada musim semi berikutnya meluncurkan mobil balap i20 WRC di Geneva Motor Show.
Lebih dari setahun kemudian, yaitu di bulan Desember 2013, logo N diresmikan pada kendaraan peserta WRC 2014 tersebut, yaitu i20 WRC. Tahun berikutnya, tim WRC Hyundai melakukan debut kompetitif di Rallye Monte Carlo dan meraih kemenangan pertamanya di Rallye Deutschland. Selama masa ini, para peneliti yang bersemangat di Hyundai Namyang R&D Center juga memperkenalkan seri konsep RM kepada dunia.
Seri RM dimulai dengan RM14 di Busan Motor Show 2014, diikuti oleh RM15, RM16 dan RM19. Namun seri RM tidak hanya untuk pamer. Dari tata letak bagian tengah kapal hingga rangka ruang aluminium, plastik yang diperkuat karbon, spoiler aktif dan mesin turbo empat silinder dengan teknologi supercharger listrik, seri RM telah dan terus menjadi “Laboratorium Bergulir” yang menguji pengembangan terbaru Hyundai untuk mobil berperforma tinggi.
Bagian terakhir dari teka-teki ini adalah merekrut tim yang ditunjuk untuk memperjuangkan merek N. Semuanya ahli dan berpengalaman. Hyundai Motor Company mempekerjakan beberapa staf riset elit, selain kemudian merekrut Albert Biermann (pernah memimpin pengembangan mobil berperforma tinggi BMW) menjadi Wakil Presiden Eksekutif dan Kepala Pengujian Kendaraan & Pengembangan Performa Tinggi, Klaus Köster (mantan anggota Mercedes AMG) menjadi direktur divisi High-Performance Vehicle Development pada Hyundai Motor European Technical Center (HMETC) dan Thomas Schemera(insinyur di BMW berpengalaman di bidang pembelian, penjualan, perencanaan produk dan pemasaran).
Sementara Albert Biermann dan Klaus Köster memperluas penelitian dan pengembangan N, Thomas Schemera mendefinisikan arah bisnis secara keseluruhan, mulai dari produk hingga pemasaran, serta meletakkan dasar untuk memperluas basis merek berperforma tinggi. Thomas Schemera menyatukan divisi perencanaan produk mobil performa tinggi, pemasaran, dan motorsport yang terpisah untuk menciptakan High-Performance Vehicle & Motorsport Division yang terpadu dan sejak saat itu memimpin divisi tersebut.
Dan di kemudian hari, Thomas Schemera didapuk sebagai Global Chief Marketing Officer (CMO) dan Kepala Divisi Pengalaman Pelanggan pada Februari 2021 dan sekarang bertanggung jawab untuk meningkatkan upaya komunikasi untuk Merek N Hyundai dan Ioniq.
(Berlanjut di Artikel Bagian 2)