24 August 2021 12:09 WIB

Selalu Pastikan Baut Roda Terpasang Dengan Baik

Baut roda yang kendor, tentunya ini adalah salah satu mimpi buruk yang sayangnya terkadang bisa saja terjadi ketika teledor. Misalnya sehabis mengganti ban, pada saat mengencangkan baut, ternyata ada baut yang lupa dikencangkan.

Hal ini bisa jadi masalah, baik minor maupun mayor.

Untuk kondisi minor, bisa jadi tidak terjadi apa-apa, hanya saja bisa terdengar bunyi yang kurang mengenakan dari bagian roda mobil. Hal ini bisa saja terjadi karena hanya 1 baut dari sekian baut yang kendor. Apalagi pada mobil Hyundai, kebanyakan menggunakan model 5 hingga 6 baut. Sehingga 1 baut kendor seringkali tidak terasa.

Tetapi hal ini jangan disepelekan, karena hal ini membuat beban yang ditanggung oleh baut dan velg berbeda.

Lalu pada kondisi fatal, baut lain yang menahan mobil bisa saja mengalami kelelahan (fatigue) sehingga pecah dan rusak. Ketika pecah, otomatis baut tidak bisa menahan mobil dan roda pun akan lepas.

Karena roda lepas, berbagai kerusakan bisa terjadi. Mobil akan jatuh sehingga bagian kolong rusak, rem akan terbeban sehingga rusak, bodi mobil tentunya akan mengalami kerusakan. Belum lagi jika roda yang lepas mengakibatkan kerugian lain.

Sehingga, setiap kali Hyundai Lovers melakukan penggantian ban atau roda pada mobil Hyundai kesayangan Anda, maka selalu pastikan baut yang terpasang sudah kencang. Lakukan juga pengecekan ulang karena tidak ada kata “terlalu aman” ketika berkendara dan bersiap.

Cara melepas dan memasangnya adalah dilakukan dengan cara menyilang. Hal ini bertujuan meratakan daya ikatnya. Untuk 4 baut, pemasangannya menyilang seperti biasa. Tapi untuk 5 dan 6 baut, pemasangan menyilangnya mengikuti pola dalam membentuk bintang. Catatannya, setiap baut jangan langsung dikencangkan, melainkan bertahap. 

Sangat tidak disarankan memasang baut roda dengan cara berurutan, dengan pola searah atau bahkan berlawanan arah jarum jam. Hal ini dapat membuat daya ikat tiap bautnya menjadi tidak rata, dan akan membuat roda dapat terlepas dari dudukannya.

Dear Hyundai Lovers, hal ini terkesan mudah. Namun perlu dicoba sebagai latihan, sebab hal ini menyangkut keamanan berkendara. Selamat mencoba!