03 January 2021 08:41 WIB

Sistem Kontrol Roda HTRAC Membuat Hyundai Palisade Lebih Efisien

Sistem penggerak 4 roda umumnya dikenal sebagai sebuah sistem yang bisa memboroskan konsumsi bahan bakar. Hal ini terjadi karena tenaga mobil harus dibagi ke 2 bagian, yaitu roda depan dan belakang.

Untuk membuatnya lebih efisien, maka Hyundai memiliki sistem penggerak 4 roda sendiri, yaitu Hyundai HTRAC seperti pada Hyundai Palisade, khususnya hanya ada di varian Signature AWD.

'H' adalah singkatan dari 'Hyundai' yang menunjukkan merek induknya, dan 'TRAC' adalah kependekan dari kata 'Traction,' yang mewakili atribut teknis dari sistem penggerak semua roda. 

Sistem HTRAC yang canggih secara elektronik mengontrol pemisahan torsi antara gandar depan dan belakang tergantung pada kondisi jalan dan mengemudi, menawarkan stabilitas yang lebih baik di jalan licin dan di tikungan.

Dengan sistem ini, ketika gerakan keempat roda tidak diperlukan, misalnya saat berkeliling di perkotaan, maka hampir seluruh tenaga akan disalurkan ke roda depan yang membuat Hyundai Palisade menjadi lebih efisien.

Jika memang membutuhkan penggerak 4 roda seperti menuju ke tempat wisata terpencil di pegunungan dimana akses jalannya seringkali sulit, maka mode penggerak 4 roda bisa dinyalakan.

Ketika dinyalakan pun, komputer bisa mendeteksi roda mana yang memiliki traksi terbanyak untuk mencegah mobil tersangkut. Secara umum, pembagian torsi sistem HTRAC bervariatif dari 90-10%, 70-30%, hingga 50-50%. 

Dengan demikian, sistem penggerak 4 roda HTRAC menjadi sebuah sistem yang efisien dan pintar.

 

Share