28 March 2019 04:00 WIB

Tren Velg 'Two Tone' di Mobil Hyundai

Beberapa tahun ini, dunia otomotif diramaikan oleh sejumlah tren, khususnya tren yang terkait penampilan. Salah satunya tren pemakian velg two tone atau dwi warna. Tren yang tadinya cuma bisa dijumpai pada mobil segmen tengah ke atas, kini jadi tren lini bawah sekalipun. Lini mobil penumpang Hyundai juga mengikuti tren velg two tone.

Velg two tone ini merupakan varian velg berbahan alloy yang meningkatkan estetika atau penampilan. Aura elegan sampai sporty bisa lebih diperkuat berkat pengaplikasian dwi warna pada velg. Bayangkan zaman dulu, mobil masih menggunakan velg kaleng, dan biasanya hanya satu warna, silver atau hitam. Untuk mempercantik velg kaleng, digunakan penutup yang memiliki desain palang. 

Kemudian, lahir velg alloy dengan berbagai variasi desain palang (spoke). Namun tetap saja, warna bawaan velg yang biasanya silver terkesan kurang menawan. Barulah kemudian, nilai variasi ditingkatkan dengan mengaplikasikan dwi warna pada sejumlah bagian velg. Warna padanan yang umum digunakan adalah hitam. Ada yang memberi warna pada palang, list pinggiran, maupun kombinasi. Proporsi warna hitam dan silver juga berbeda-beda. Ada yang cenderung hitam dengan sentuhan silver atau sebaliknya. 

Sementara Hyundai membekali lini mobil penumpang mereka dengan velg two tone. Mulai dari lini city car bawah sampai SUV yang termahal. Hyundai i10, i20, Tucson, Santa Fe sampai H-1, semuanya memakai velg two tone. Hanya desainnya saja yang berbeda.