13 June 2022 10:22 WIB

Jangan Sampai Salah, Ketinggian Seat Belt Juga Perlu Diatur

Seat belt itu sangat penting dan wajib digunakan. Karena dengan peranti ini, keselamatan kita akan semakin terjaga dalam situasi darurat. Seat belt akan menjaga tubuh agar tidak terlempar kemana-mana.

Namun, ternyata seat belt juga sebaiknya diatur. Itulah mengapa pada mobil Hyundai seperti Hyundai Creta hingga Hyundai Staria, ada pengaturan pada komponen ini. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan postur tubuh yang berbeda-beda.

Baca juga: Seatbelt Hyundai Bisa Diatur Menyesuaikan Postur Pengendara

Lantas, bagaimana posisi seat belt yang benar? Ada 2 poin sederhana dari PT Hyundai Mobil Indonesia, sebagai berikut ini:

1. Posisi Sabuk Atas

Posisi sabuk atas pada seat belt harus tepat berada di area tengah dada. Seat belt tidak boleh berada di depan leher karena malah bisa menjadi berbahaya.

2. Posisi Sabuk bawah

Posisi sabuk bawah sebaiknya tidak tepat di depan perut. Hal ini akan menekan perut jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Sebaiknya, seat belt harus berada di area bawah perut dimana akan pas mengenai tulang panggul.

Dengan mengetahui posisi tersebut, maka aturlah seat belt Anda dengan height adjuster dari seat belt mobil Hyundai yang Anda gunakan. Jangan sampai salah yang malah bisa mengakibatkan cedera.