26 June 2024 08:00 WIB

Ultah Ke-30: PT Hyundai Mobil Indonesia Berkomitmen Berikan Yang Terbaik

Hyundai saat ini telah menjadi salah satu merek mobil yang disegani di Indonesia. Perjalanan ini memiliki sejarah panjang dengan perjuangan keras untuk bertahan dalam persaingan industri otomotif di Tanah Air.  

Hyundai secara resmi dipegang oleh PT Cakrawahana Transportama pada 23 Juni 1994. Dan di tahun yang sama, penunjukkan menjadi Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) kepada PT Citra Mobil Nasional. Setahun kemudian, Hyundai Elantra menjadi mobil pertama yang dirilis, dan menjadi mobil Korea pertama hasil rakitan di pabrik yang berlokasi di Bekasi Barat. Disusul kemudian oleh Hyundai Accent.

Hyundai Indonesia kemudian melebarkan sayap dengan mendirikan PT Hyundai Mobil Indonesia. Sedangkan perakitan mobil dipercayakan kepada PT Hyundai Indonesia Motor (sebelumnya PT Citra Mobil Nasional) yang sekarang perakitan mobil tersebut menjadi PT Handal Indonesia Motor.

Menandai perjalanan barunya, PT Hyundai Mobil Indonesia pada 23 Nov 2000 menyandang predikat distributor mobil Hyundai. Nama PT Hyundai Mobil Indonesia semakin dikenal dengan keberhasilan peluncuran Hyundai Atoz, sebuah city car yang mampu merebut hati publik Indonesia. Tak hanya itu, baik Hyundai Trajet, Getz, Avega, Matrix, Sonata, i20, i10, H-1, Tucson maupun Santa Fe turut menjadi line up PT Hyundai Mobil Indonesia yang sangat diandalkan. 

Respons atas keberhasilan ini, Hyundai Motor Company memberi kepercayaan kepada PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) sebagai basis produksi Hyundai H-1 untuk pasar regional ASEAN. Pengakuan Internasional ini pula yang menetapkan langkah PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) untuk selalu inovatif serta berorientasi lingkungan dalam meluncurkan setiap produknya.

Pada tanggal 1 Juli 2020 sebagai PT Hyundai Mobil Indonesia mengkhususkan diri sebagai Dealer mobil Hyundai di Indonesia. Mengawali perjalanan barunya, PT Hyundai Mobil Indonesia berkomitmen untuk memberikan yang terbaik kepada konsumen setia dan pengguna Hyundai di Indonesia. 

Kerja keras tersebut ternyata membuahkan hasil karena dealer PT Hyundai Mobil Indonesia, tepatnya jaringan Hyundai Simprug, berhasil memenangkan award Dealer Of The Year (DOTY) pada ajang Hyundai Horizon of Innovation yang bertepatan pada Gaikindo Indonesia International Autoshow (GIIAS) 2023. 

Ajang ini sendiri bukanlah penilaian lokal, melainkan penilaian global yang melibatkan 100 dealer pilihan dari 9 wilayah di seluruh dunia, mulai dari Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Timur Tengah, hingga Asia Tenggara.

Di tahun ini, PT Hyundai Mobil Indonesia memasuki usia ke-30. PT Hyundai Mobil Indonesia tetap berpegang pada visi sebagai perusahaan yang menempatkan pelanggan melalui pengembangan yang berpusat pada manusia ramah lingkungan dengan inovasi teknologi.