17 November 2023 10:26 WIB

3 Cara Cegah Kerak Air Membandel Pada Spion

Pada beberapa mobil yang sudah berusia, spion seringkali mengalami kotoran seperti kerak. Biasanya kerak berwarna hitam, namun ada juga yang berkerak putih. Hal ini merupakan hasil dari kerak air yang membandel. 

Mengganggu? Tentu saja. Bukan saja terkait estetika, namun juga karena daya pandang belakang menjadi terganggu. Ujungnya, nilai jual mobil juga akan menurun karena detail kecil tersebut.

Hal ini pun sulit dihilangkan, bahkan seringkali hanya bisa diperbaiki dengan melakukan penggantian kaca spion.

Lantas apa yang bisa dilakukan untuk mencegah kerak tersebut? PT Hyundai Mobil Indonesia memiliki 3 tips yaitu:

1. Gunakan Glass Cleaner

Jangan menggunakan sembarang sabun atau obat pembersih pada kaca spion. Obat pembersih yang terlalu kuat bisa menyebabkan lapisan tertentu menghilang dan merusak kaca spion. Gunakan glass cleaner dengan kualitas bagus, agar mampu mengangkat minyak, jamur atau bekas tangan yang masuk ke dalam pori-pori kaca spion. Glass cleaner juga dapat membersihkan kerak air membandel. 

Baca juga: Fitur Rahasia Yang Permudah Parkir Hyundai Ioniq 5

2. Rajin Bersihkan

Kaca spion juga sebaiknya rajin dibersihkan. Kotoran yang menumpuk akan menyebabkan kaca menjadi kotor, mempengaruhi kualitas pantulan, serta bisa menyebabkan kerak.

3. Cara Membersihkan

Untuk membersihkan kaca spion, lakukan secara halus bila menggunakan obat khusus. Seringkali obat tersebut juga diaplikasikan dengan lap, tidak disemprot langsung.

Itulah 3 cara mudah pencegah kerusakan pada kaca spion mobil Hyundai Anda.