17 November 2022 11:07 WIB

4 Cara Sederhana Agar Aki Mobil Awet

Aki mobil mungkin merupakan komponen yang paling sering diganti. Namun, harganya tidaklah murah sehingga sebaiknya aki dijaga agar bisa bertahan selama mungkin.

Ada beberapa cara sederhana yang PT Hyundai Mobil Indonesia ingin berikan agar aki mobil bisa tahan lebih lama, bahkan bisa saja melewati masa garansi dari produsen aki:

1. Aksesori

Aksesori tambahan pada mobil harus diperhatikan. Beberapa aksesori dengan pemasangan yang tidak tepat bisa mengambil daya berlebih dari aki dan membuatnya cepat soak. Selain itu, bila dayanya terlalu besar, alternator tidak bisa mencukupinya yang akan menghabiskan aki dan juga bisa saja merusak alternator.

2. Lampu

Jika tidak digunakan, maka matikanlah lampu seperti lampu kabin saat mesin sedang mati. Hal ini karena aki tidak terisi ketika mesin mati. Sebaiknya, set saja lampu pada posisi door atau off, jangan lupa matikan bila sudah selesai digunakan.

3. Panaskan Mobil

Jangan biarkan mobil tidak menyala terlalu lama. Karena, mobil masih menarik sedikit daya dari aki untuk beberapa kebutuhan, misalnya untuk standby maupun fitur keamanan. Sebaiknya, nyalakan mobil setiap 3-5 hari sekali agar aki tidak soak.

Baca juga: 3 Tanda Mesin Kekurangan Oli (Oil Starvation)

4. Lakukan Tes

Ketika melakukan servis, pastikan untuk melakukan pengetesan pada daya aki juga untuk mengetahui kondisinya dan menggantinya sebelum aki soak dan mobil tidak bisa dinyalakan. Jaringan bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia dapat melakukan pengetasan pada aki mobil Hyundai kesayangan Anda.

Jika ingin melakukan perbaikan, Hyundai Lovers dapat menghemat waktu Anda dengan melakukan Booking Service secara online melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service.