18 May 2023 09:45 WIB

Inilah Cara Mudah Untuk Memilih Cairan Radiator

Cairan radiator atau coolant seringkali memiliki jenis yang berbeda, utamanya warnanya. Biasanya, perbedaan warna pada cairan radiator bertujuan untuk identifikasi, serta terkadang menunjukkan formula yang berbeda.

Lantas, jika ingin membeli cairan radiator tambahan untuk berjaga-jaga, jenis manakah yang harus dipilih? Ada cara mudah memilihnya dari PT Hyundai Mobil Indonesia:

1. Warna

Sebisa mungkin, gunakan warna yang sama pada cairan radiator pada mobil. Untuk mengetahuinya sangatlah mudah. Pada kondisi mesin dingin, bukalah tutup radiator dan cek warnanya. Pengecekan juga bisa dicek melalui tangki ekspansi yang berada di samping area mesin.

2. Premix

Beberapa cairan radiator merupakan konsentrat yang harus dicampur 50% dengan air. Agar lebih praktis, pilihlah cairan radiator berjenis premix, biasanya ada label yang mengatakan “premix” atau “Do Not Add Water” (Jangan ditambahkan air).

Baca juga: Apa Saja Komponen Mobil Yang Perlu DiCek Setelah Mudik?

Ke-2 poin di atas adalah cara mudah untuk menentukan cairan radiator mana yang perlu dibeli. Namun Jika ada masalah dengan radiator, maka segera lakukan pengecekan di bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia. Apalagi, Anda bisa melakukan Booking Service secara online untuk menghemat waktu melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service.