18 October 2022 09:31 WIB

3 Tanda Mesin Kekurangan Oli (Oil Starvation)

Oli pada mesin bisa saja berkurang secara jumlah seiring berjalannya waktu. Terkadang, oli bisa berkurang karena beberapa hal, misalnya terbakar, menguap atau karena ada kebocoran.

Jika mesin sudah mengalami kekurangan oli, maka akan terjadi suatu hal yang dinamai Oil Starvation. Kekurangan oli tersebut akan menyebabkan terjadinya gesekan berlebih pada mesin karena minimnya lubrikasi.

Hal ini akan berbahaya karena jika terlambat, maka mesin bisa rusak sepenuhnya atau jebol. Perbaikannya pun tidak murah.

Karena itu, ada 3 tanda bila mesin sudah mulai mengalami kekurangan oli atau oil starvation dari PT Hyundai Mobil Indonesia:

1. Lampu Peringatan

Ketika mesin kekurangan oli, maka tekanan oli pun akan menurun. Sensor dari mesin akan mendeteksi turunnya kekurangan oli tersebut dan akan memberi lampu peringatan sebelum tekanan oli terlalu rendah agar pemilik bisa mengambil langkah mitigasi.

2. Suhu Mesin Tinggi

Ketika mesin kekurangan oli, maka akan ada friksi tambahan pada internal mesin. Friksi tersebut otomatis menghasilkan panas berlebih dan akan membuat suhu mesin lebih panas sampai overheat.

Baca juga: 3 Akibat Bila Salah Menggunakan Jenis Oli

3. Suara Besi

Bila tidak juga ditangani, akan ada suara besi yang muncul dari mesin mobil. Suara besi menandakan kontak antar besi yang fatal. Jika sudah keluar suara besi, maka kemungkinan besar mesin mobil sudah rusak total.

Jika tanda-tanda tersebut muncul, jangan tunggu terlalu lama. Mulailah dengan langkah mitigasi menambahkan oli pada mesin dengan spesifikasi yang benar. Kemudian, kunjungilah jaringan bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia segera untuk penanganan terbaik. Anda bisa mengecek lokasi jaringan PT Hyundai Mobil Indonesia pada https://hyundaimobil.co.id/network-contact.