07 November 2023 10:58 WIB

5 Penyebab Mobil Mengalami Overheat

Overheat adalah masalah yang sering terjadi di Indonesia. Mesin yang kondisinya tidak optimal harus beradu dengan panasnya cuaca serta kemacetan yang seringkali terjadi. Overheat sendiri bisa berbahaya bagi mesin karena berpotensi menyebabkan kerusakan permanen pada blok.

Karena itu ada baiknya kita memahami penyebab umum mobil mengalami overheat. PT Hyundai Mobil Indonesia akan jabarkan 5 penyebab:

1. Radiator Bocor/Kering

Salah satu penyebab paling umum adalah radiator yang kering. Umumnya, radiator tidak seharusnya kering karena merupakan sistem tertutup. Hal ini mengindikasikan adanya kebocoran pada radiator yang harus segera diperbaiki.

2. Water Pump

Water pump atau pompa air bertugas untuk mensirkulasikan cairan radiator ke seluruh mesin agar tetap dingin. Bila water pump sudah lemah, maka suhu mesin akan lebih mudah naik karena sirkulasi cairan yang tidak optimal. Water pump sendiri bisa juga tidak aktif karena sabuk yang putus.

3. Thermostat Nyangkut

Mobil Hyundai sudah dilengkapi dengan thermostat. Thermostat bertugas untuk mengatur suhu mesin agar tetap stabil pada suhu operasional. Bila sudah berumur, thermostat bisa saja nyangkut yang membuat sirkulasi cairan radiator terganggu dan membuat mesin panas.

4. Kipas Mati

Jika suhu naik hanya saat mobil berhenti, ada indikasi kipas mengalami kerusakan. Kipas yang rusak atau mati tidak bisa mensuplai udara untuk melalui radiator yang membuat cairan radiator menjadi panas.

Baca juga: 7 Peralatan Yang Sebaiknya Ada Di Dalam Mobil

5. Jalur Radiator

Jalur radiator bisa saja mengalami sumbatan karena radiator sendiri seringkali terbagi menjadi beberapa core atau inti. Jika ada bagian radiator yang tersumbat atau “inti” yang mati, maka performanya akan menurun.

5 hal tersebutlah yang merupakan penyebab umum mobil mengalami overheat versi PT Hyundai Mobil Indonesia. 5 penyebab ini sendiri sangat bisa dicegah dengan rajin melakukan pengecekan dan servis pada mobil Hyundai kesayangan Anda.

Rutinlah lakukan servis dan perbaikan di jaringan PT Hyundai Mobil Indonesia. Anda bisa melakukan Booking Service melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service.