02 February 2024 06:30 WIB

Bagaimana Hyundai Menentukan Jarak Tempuh Maksimal Mobil Elektrik?

Salah satu faktor terbesar ketika memilih mobil elektrik adalah jarak tempuh maksimal yang bisa didapatkan dari 1 kali mengisi daya. Hyundai Ioniq 5 Long Range pun bisa jadi pilihan karena dinilai mampu menempuh jarak 481 Km.

Namun angka ini tentu bukan sembarang angka. Angka jarak tempuh maksimal alias range dari mobil elektrik didapatkan dari hasil pengujian yang ketat.

Hyundai sendiri mengacu kepada pengujian WLTP (Worldwide Harmonised Light Vehicles Test Procedure) untuk menguji dan menentukan jarak tempuh maksimal dari Hyundai Ioniq 5.

Tes WLTP sendiri adalah metode digunakan di Eropa sejak tahun 2017. Saat ini, angka efisiensi yang dicapai dari uji WLTP digunakan oleh setiap produsen di seluruh dunia. 

Baca juga: Baterai 77.4 kWh Hyundai Ioniq 6 Sanggup Tempuh 519 Km

Tes ini dibagi menjadi empat bagian; kecepatan rendah, sedang, tinggi dan lebih tinggi. Durasi keseluruhan siklus pengujian adalah sekitar 30 menit, dengan 52% mengemudi di dalam kota dan 48% mengemudi di jalan tol. 

Pengujian ini juga memperhitungkan tipe-tipe mobil yang berbeda, dengan setup roda yang berbeda, fitur dan banyak faktor lainnya yang dapat mempengaruhi efisiensi mobil secara keseluruhan.

Sehingga Hyundai Ioniq 5 maupun Hyundai Ioniq 6 bisa mendapatkan estimasi sisa jarak tempuh yang akurat untuk penggunanya.

Penasaran dengan sensasi berkendara mobil elektrik Hyundai Ioniq 5 dan Hyundai Ioniq 6? Lakukanlah Test Drive di jaringan PT Hyundai Mobil Indonesia yang dapat Anda booking pada https://hyundaimobil.co.id/test-drive.