25 October 2019 07:10 WIB

Cara Mencuci Mobil Agar Tetap Menghemat Air

Salah satu hal yang wajib dilakukan oleh pemilik mobil, yaitu wajib melakukan perawatan. Salah satunya dengan mencuci setiap kondisi mobil sudah terlihat kotor atau sehabis digunakan di jalan yang kotor atau usai hujan.

Dalam mencuci mobil memang membutuhkan banyak air. Jumlah air yang dibutuhkan akan semakin meningkat bila kondisi mobil dalam kondisi luar biasa kotor.

Namun, bukan berarti kita hanya bisa pasrah saja ‘membuang’ air begitu saja. Karena ada beberapa hal yang bisa membuat jumlah air terbuang menjadi lebih sedikit. Berikut adalah tipsnya dan semoga bermanfaat:

1. Siapkan segala sesuatu yang dibutuhkan di dekat mobil.

2. Sebelum mencuci mobil, sebaiknya semua perlatan disiapkan terlebih dahulu seperti kain lap, air yang sudah dicampur sabun dan pemoles.

3. Gunakan lap yang sudah bercampur sabun.

4. Basahi lap dengan air sabun. Pastikan lap tersebut berbeda dengan yang digunakan untuk membersihkan ban.

5. Langsung bersihkan ke kotoran.

6. Langkah selanjutnya adalah dengan langsung membersihkan mobil ditempat yang kotor dengan menggunakan lap bercampur air sabun. Cukup dilap dan tidak perlu disiram. Gunakan gerakan memutar untuk mendapatkan hasil lebih maksimal.

7. Langsung keringkan.

8. Agar kotoran tidak kembali lagi, maka sebaiknya langsung keringkan mobil dengan menggunakan lap kering. Pastikan Anda mengeringkannya hingga benar-benar kering.