18 December 2019 07:35 WIB

Kendaraan Elektrifikasi Masa Depan Dengan Teknologi Autonomous

Kendaraan konsep di era elektrifikasi dan autonomous yang satu ini merupakan cerminan pengembangan kendaraan Hyundai untuk gaya hidup di masa depan, namun tetap mempertahankan nilai tradisi.

Pada tanggal 10 September 2019 di ajang Frankfurt Motor Show, Hyundai resmi memperkenalkan sebuah kendaraan konsep EV (electric vehicle/kendaraan elektrik) dengan tampilan desain eksterior yang terinspirasi dari desain mobil Hyundai di era 1970an, yaitu Hyundai Pony Coupe yang tepatnya diperkenalkan pada tahun 1974.

Pengembangan arah desainnya sendiri telah menggunakan basis bahasa desain terbaru dari Hyundai, yaitu Sensuous Sportiness. Kata ‘Sensuous’ menitikberatkan pada upaya meningkatkan nilai kepuasan emosional konsumen melalui bahasa desain, sedang ‘Sportiness’ merupakan penekanan pada kendaraan yang lebih inovatif.

Selain mengusung sumber tenaga penggerak sepenuhnya elektrik (pure electric), Hyundai 45 juga telah dibekali dengan hasil pengembangan terkini dari teknologi autonomous atau teknologi swa-kemudi, dimana kendaraan bisa bergerak otomatis tanpa bantuan pengemudi. Karakter ikonik Hyundai 45 diterjemahkan oleh tim engineer melalui desain bodi monokok yang aerodinamis dan berbobot ringan yang juga terilhami dari karakter desain pesawat di era tahun 1920an.

Pemilihan nama ‘45’ juga diterjemahkan oleh tim engineer pada desain eksterior kendaraan, yaitu bentukan sudut 45 derajat di bagian depan dan belakang kendaraan. “Sebagai sebuah ikon Hyundai, 45 menjadi refleksi bagaimana cara Hyundai berjalan ke depan dengan tetap mempertahankan tradisi. Melalui bahasa desain terbaru ‘Sensuous Sportiness’, Hyundai juga ingin menyampaikan visi gaya hidup berkendara di era elektrifikasi dan autonomous,” kata SangYup Lee, Senior Vice President and the Head of Hyundai Design Center.

Hyundai IONIQ Electric Di ajang pameran yang sama, Frankfurt Motor Show 2019, Hyundai juga membawa kendaraan elektrik yang lain dan telah dipasarkan saat ini, yaitu New IONIQ Electric. Sebagai kendaraan dengan sumber tenaga sepenuhnya elektrik, IONIQ Electric dilengkapi dengan motor listrik bertenaga puncak 100kW dan torsi maksimal 295 Nm yang terhubung degan baterei lithium-ion polymer berkapasitas 38,3kWh, serta bisa menjelajah hingga jarak 311 km saat baterei terisi penuh, dan bersih dari produksi emisi saat melaju.