05 May 2022 10:49 WIB

2 Sumber Suara Dengungan Dari Roda

Bayangkan situasinya, Hyundai Lovers sedang berkendara di tol, misalnya pada kecepatan 100 kpj. Lalu, terdengar suara dengungan kecil, seperti dari salah satu roda, namun tidak kunjung hilang. Lalu, suara tersebut terkadang hilang dan pergi, suara apakah itu?

Sumber suara memang seringkali bisa beragam. Namun, biasanya ada 2 sumber utama suara dengungan yang cukup umum terjadi dari roda yang PT Hyundai Mobil Indonesia bisa jabarkan.

1. Laher Roda

Laher roda atau wheel bearing ditempatkan pada bagian hub roda dari mobil. Tujuannya agar tidak terjadi gesekan antar besi yang bisa menyebabkan kerusakan. Namun, laher ini bisa saja rusak. Bila rusak, biasanya akan muncul suara seperti dengungan yang terkadang hanya terdengar di kecepatan tertentu. Kemudian, biasanya roda bisa saja terasa kendor bila bearing ini sudah mengalami kerusakan yang cukup parah.

Baca juga: Injektor Menghasilkan Suara Ketukan Tapi Senyap

2. Ban

Ban bisa mengeluarkan bunyi yang kurang mengenakan dan abnormal. Biasanya, hal ini terjadi karena ban mengalami kerusakan. Coba ingat-ingat, apakah Hyundai Lovers pernah menghantam lubang dengan keras? Bila ya, ceklah bannya dan coba di balans ulang. Jika memerlukan banyak balancer, maka ada kemungkinan ban mengalami kerusakan, seperti tertekan ke dalam.

 

Share