28 February 2022 11:08 WIB

Injektor Menghasilkan Suara Ketukan Tapi Senyap

Ketika mesin mobil dinyalakan, terkadang mendengarkan suara adalah salah satu cara terbaik untuk melakukan pengecekan pada mesin. Biasanya, suara aneh dan tidak biasa menunjukkan kendala pada mesin.

Salah satu suara yang cukup membuat kaget adalah suara seperti detikan yang berbunyi “tik tik tik tik” secara konstan. Karena, suara ini terkadang bisa menandakan ada komponen mesin yang kurang mengalami pelumasan sehingga mengalami kerusakan.

Baca juga: Apa Akibatnya Jika Oli Mesin Tidak Turut Diganti?

Tapi tenang saja, selama mesin selalu rutin di servis dan dijaga kondisi olinya, bunyi ini tidak akan muncul.

Tapi, ada bunyi ‘tik tik tik tik” lain yang seringkali muncul, terutama saat kap mesin dibuka. Bunyi ini kemungkinan besar datang dari injektor mesin.

Perlu diingat, mobil yang dipasarkan oleh PT Hyundai Mobil Indonesia yang menggunakan pembakaran internal menggunakan sistem injeksi agar lebih hemat bahan bakar.

Pada setiap silinder, ada satu injektor yang akan menembakkan bahan bakar ke dalam mesin dengan jumlah yang pas. Karena kerjanya cukup berat dan seringkali bertekanan tinggi, maka injektor akan menghasilkan bunyi “tik tik tik” ketika menembakkan bahan bakar.

Sehingga, selama mobil Hyundai Anda selalu diservis rutin pada bengkel resmi Hyundai, tidak perlu takut. Karena, kesehatan mesin bisa dijamin.