10 January 2022 09:08 WIB

3 Alasan Jangan Biarkan Mobil Ditinggalkan Terlalu Lama

Pernahkah Hyundai Lovers terpaksa meninggalkan mobil kesayangan karena faktor tertentu? Misalnya dinas ke luar negeri yang memakan waktu lama dan mobil dibiarkan terparkir begitu saja untuk berbulan-bulan.

Nah, ternyata PT Hyundai Mobil Indonesia menyarankan agar sebaiknya mobil tidak dibiarkan terlalu lama begitu saja. Karena, ada beberapa akibatnya.

Pertama-tama, oli bisa mengendap di oil pan (tangki oli). Hal ini akan menyebabkan oli menjadi seperti lumpur dan performa lubrikasinya berkurang. Sehingga, bila mobil dibiarkan terlalu lama, sebaiknya langsung menghubungi bengkel resmi Hyundai untuk menjadwalkan ganti oli.

Baca juga: Service Mobil Semakin Mudah! Inilah Kelebihan Booking Service

Kedua, aki tentunya akan habis. Ini adalah masalah yang sangat umum. Karena aksesori mobil terus menyala, misalnya sistem alarm yang stand-by. Namun hal ini bisa diakali dengan melepas kutub negatif dari aki, tetapi  fitur seperti alarm menjadi tidak aktif.

Ketiga, ban yang tidak bergerak juga akan rusak dan menimbulkan flatspot. Hal ini karena titik beban ban yang tidak berubah menekan satu titik secara terus menerus hingga akhirnya menjadi rata atau gepeng. 

Ban bisa saja mendapatkan bentuknya kembali setelah dipompa, namun terkadang kerusakannya bisa mengenai strukturnya sehingga sebaiknya diganti.

Sehingga, sebaiknya mobil tidak dibiarkan begitu saja. Kami menyarankan untuk memanaskan mobil setidaknya 2x seminggu, misalnya dengan diajak keliling area rumah.

Atau jika Hyundai Lovers harus pergi untuk waktu lama, titipkanlah mobil ke teman atau saudara yang bisa dipercaya untuk merawat mobil.

 

Share