12 September 2022 09:03 WIB

3 Tanda Busi Mobilmu Perlu Diganti

Mesin bisa bekerja karena beberapa komponen, yaitu udara, bahan bakar serta pengapian. Pada mobil berbahan bakar bensin, seperti pada Hyundai Stargazer dan Hyundai Creta, pengapian dilakukan oleh busi.

Seperti komponen lainnya, busi juga memiliki masa pakai. Biasanya busi mobil bisa bertahan hingga 20.000 sampai 40.000 Km, tetapi angka ini tidaklah pasti karena juga bergantung pada pemakaian.

Baca juga: Seberapa Seringkah Filter Bahan Bakar Sebaiknya Diganti

Mesin pun sering memberikan tanda-tanda ketika busi perlu diganti. Adapun beberapa tanda tersebut adalah:

1. Mesin Brebet

Ketika busi sudah mulai rusak, kekuatan pengapiannya akan melemah. Bila kekuatan pengapian rata, maka mesin tidak akan stabil dan bisa menyebabkan mesin brebet. Mobil juga terasa seperti bergoyang pada RPM tertentu karena brebet.

2. Mesin Tidak Bertenaga

Ketika pengapian lemah, maka tenaga mesin akan menurun. Hal ini akan membuat mesin terasa tidak bertenaga.

3. Boros Bahan Bakar

Ketika mesin tidak bertenaga, maka diperlukan input gas lebih. Hal ini akan membuat mobil menjadi lebih boros bahan bakar.

Jika ada tanda-tanda tersebut, maka Hyundai Lovers sebaiknya melakukan pengecekan segera. Apalagi, busi sebenarnya cukup sederhana untuk diganti dan bukan perbaikan besar.

Hyundai Lovers bisa memanfaatkan layanan Booking Service dari PT Hyundai Mobil Indonesia untuk menghemat waktu yang bisa diakses pada https://hyundaimobil.co.id/booking-service.

Share