12 June 2024 08:00 WIB

3 Tips Mencegah Jamur Pada Interior Mobil Hyundai

Jamur bisa tumbuh dimana saja, tidak terkecuali interior mobil Hyundai kesayangan Anda. Apalagi bila mobil sering parkir di area yang kotor dan lembab, jamur bisa saja tumbuh di dalam mobil.

Jamur pada mobil pun bisa berbahaya, karena ukurannya yang kecil, beberapa jenis jamur bisa mengganggu saluran pernapasan Anda. Karena itu PT Hyundai Mobil Indonesia memiliki 3 tips untuk mencegah interior mobil Hyundai Anda jamuran.

Baca juga: 6 Cara Cegah Kantuk Saat Mengemudikan Mobil Hyundai Kesayangan

1. Pastikan Mobil Rapat

Salah satu pendorong tumbuhnya jamur adalah kelembaban. Sehingga, selalu cek kondisi mobil, utamanya karet-karet. Bila ada kebocoran, maka air hujan atau air lain yang masuk akan membuat kabin menjadi lembab. Hal ini bisa menjadi pemicu tumbuhnya jamur pada interior. Pastikan juga kaca, pintu dan sunroof selalu tertutup rapat saat parkir.

2. Pastikan Tidak Ada Cairan

Karena jamur tumbuh di area yang lembab dan basah, maka pastikan tidak ada cairan tumpah pada mobil, misalnya air minum yang tumpah ke karpet. Jika dibiarkan dan tidak dikeringkan, jamur bisa tumbuh di karpet.

3. Rajin Bersihkan Mobil

Jamur juga bisa tumbuh bila interior tidak terawat. Sehingga, ada baiknya interior rajin dicuci dan dibersihkan, misalnya dengan vakum maupun membersihkan jok secara sederhana.

3 cara tersebut sejatinya cukup untuk mencegah jamur tumbuh dan berkembang di mobil Hyundai kesayangan Anda. Bila sudah terlanjur, ada baiknya menggunakan jasa cuci profesional untuk membasmi jamur tersebut.