06 June 2024 08:00 WIB

6 Cara Cegah Kantuk Saat Mengemudikan Mobil Hyundai Kesayangan

Mengemudi bisa jadi aktivitas rawan bagi beberapa orang, terutama perjalanan jauh yang jalanannya monoton seperti di jalan tol untuk waktu yang lama. Bukan saja membuat badan menjadi penat, bosan bahkan hilang konsentrasi, namun juga yang lebih fatal yaitu mengantuk.  

PT Hyundai Mobil Indonesia menyarankan agar para pengemudi bisa mencegah kantuk datang melanda. Terdapat 6 cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya saat mengemudikan mobil Hyundai kesayangan, 

Baca juga: Apa Itu Microsleep Dan Mengapa Berbahaya Saat Mengemudi?

1. Istirahat Secara Teratur

Pastikan untuk berhenti dan beristirahat setiap dua jam atau setiap 150-200 km. Bagi beberapa orang, bisa kurang dari itu, tergantung kondisi tubuh pengemudi. Keluarlah dari mobil, berjalan-jalan sebentar, dan lakukan peregangan untuk menjaga sirkulasi darah dan kebugaran tubuh. Bukan saja rest area, tapi mini swalayan yang kebanyakan memiliki toilet juga bisa dijadikan titik peristirahatan. 

2. Dengarkan Musik atau Podcast

Dengarkan musik favorit, audiobook atau podcast yang menarik untuk menjaga pikiran tetap aktif. Pastikan volumenya tidak terlalu keras agar tetap bisa mendengar suara dari luar mobil. Mendengarkan musik dengan audio BOSE Premium seperti pada Hyundai Stargazer X pun akan membuat perjalanan semakin anti bosan.

3. Ajak Teman atau Keluarga

Jika memungkinkan, ajak teman atau anggota keluarga untuk menemani perjalanan. Berbincang-bincang dengan mereka bisa membuat perjalanan lebih menyenangkan dan menjaga Anda tetap terjaga.

4. Konsumsi Camilan Sehat

Bawa camilan sehat seperti buah-buahan, kacang-kacangan atau granola bar. Mengunyah camilan dapat membantu Anda tetap terjaga. Hindari makanan berat yang bisa membuat Anda merasa mengantuk.

5. Minum Air Putih

Pastikan Anda tetap terhidrasi dengan baik. Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan dan kantuk. Bawa botol air dan minum secara teratur selama perjalanan.

6. Hindari Mengemudi di Jam Tidur

Hindari mengemudi pada jam-jam yang biasanya Anda gunakan untuk tidur. Tubuh Anda memiliki ritme tersendiri yang membuat Anda lebih cenderung mengantuk pada waktu-waktu tertentu. 

Jika memang dirasa sudah mengantuk, maka ada baiknya menepi sebentar dan memejamkan mata untuk beberapa menit. Bila perjalanan masih sangat jauh, ada baiknya merencanakan penginapan di tengah perjalanan, jangan paksakan diri mengemudi ketika sedang mengantuk.

Jika Hyundai kesayangan mengalami kendala mobil di daerah yang mungkin tidak Anda kenal, bisa mengecek jaringan dealer serta bengkel resmi dari PT Hyundai Mobil Indonesia yang tersebar di beberapa daerah Indonesia melalui https://hyundaimobil.co.id/network-contact.