25 September 2016 05:00 WIB

4 Fitur 'Penyelamat' Saat Hujan

 
Fitur modern merupakan salah satu peranti yang mendukung kenyamanan dan keselamatan berkendara. Apalagi saat menghadapi situasi yang menantang, seperti cuaca ekstrem. Untuk kondisi hujan, ada beberapa fitur menarik yang mestinya Anda maksimalkan agar berkendara jadi lebih nyaman dan aman. 
 
Control Traction atau traksi kontrol
Ini adalah fitur yang mampu menjaga putaran roda dalam kondisi hujan. Biasanya dalam cuaca hujan mobil akan lebih mudah spin atau sliding, sehingga fitur ini akan membantu Anda untuk menstabilkan putaran roda mobil Anda. 

Lampu kabut alias foglamp
Fungsi lampu kabut tentu bukan hanya sekeda hiasan pada bagian bumper depan, peranti ini berfungsi sebagai pencahayaan ekstra. Akan sangat membantu saat berkendara di kawasan pegunungan dan hujan deras. Kendati demikian, jangan terlalu sering menggunakan lampu ini, karena arus listrik yang dibutuhkan akan semakin besar.
 
Wiper otomatis
Beberapa jenis mobil mewah sudah dilengkapi dengan rain sensor sehingga Anda tidak akan direpotkan lagi mengatur kecepatan wiper mobil Anda. Dengan wiper otomatis ini, sensor tersebut akan membaca seberapa besar intensitas hujan yang turun dan mengatur kecepatan wiper yang dibutuhkan.
 
Defogger
Fitur ini adalah fitur pemanas yang bertujuan untuk menghilangkan embun di bagian kaca. Jika berkendara dalam hujan, maka kaca mobil sering kali timbul embun, sehingga untuk menghilangkannya fitur ini yang akan bekerja. Fitur ini terbagi dua, yakni untuk kaca depan dan kaca belakang. Untuk cara kerjanya pun berbeda, pada kaca depan biasanya mengeluarkan hawa panas, sedangkan pada bagian belakang biasanya melalui elemen panas. Jika hujan telah berhenti dan kabut di kaca telah hilang, jangan lupa untuk mematikan fitur ini ya!