18 January 2022 12:03 WIB

4 Penyebab Cat Mobil Cepat Kusam

Cat mobil kusam? Pasti menyebalkan. Pertama, mobil jadi kurang enak dipandang dan terlihat tidak terawat. Untuk memperbaikinya, seringkali biayanya tidak murah, tergantung tingkat kerusakan atau kekusamannya. Ingat, makin banyak item yang rusak, berdampak pada tingginya biaya pengerjaan, bahkan waktu yang dibutuhkan semakin banyak. 

Memangnya, apa penyebab cat mobil cepat kusam? PT Hyundai Mobil Indonesia ingin memberitahu 4 problem utamanya. Hal ini semata agar bisa dihindari, dan mobil Hyundai kesayangan Hyundai Lovers bisa semakin terjaga kondisi catnya.

1. Terkena Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari yang mengandung sinar UV yang kuat bisa saja membuat cat cepat kusam. Biasanya clear coat dari cat akan rusak. Apalagi mengingat clear coatlah yang membuat cat bersinar dan tidak kusam. Sehingga disarankan untuk memarkirkan kendaraan di tempat teduh bila memungkinkan.

2. Penggunaan Cover Mobil Di Luar Ruang

Banyak yang menganggap penggunaan cover mobil akan mempertahankan kondisi cat mobil. Padahal, hal ini tidak sepenuhnya benar. Penggunaan cover mobil di luar ruangan akan menyebabkan udara lembab terperangkap dan terkena panas matahari. Terkadang, cover mobil malah akan merusak cat. Karena tujuan cover mobil sebenarnya untuk pemakaian di dalam ruangan untuk meminimalisir debu pada permukaan mobil.

Baca juga: Cat Bengkel Resmi Pastikan Kesamaan Warna

3. Parkir Di Bawah Pohon

Meskipun disarankan untuk parkir di area teduh, namun usahakan jangan parkir mobil di bawah pohon. Pohon akan menurunkan getah dan mungkin kotoran burung yang bersifat asam yang bisa merusak cat mobil. 

4. Cara Mencuci Tidak Benar

Mencuci mobil memang baik untuk menjaga mobil. Namun bila caranya tidak benar, bisa merusak cat. Misalnya menggunakan sabun yang salah, mengelap dengan lap yang kotor, dan sebagainya. Kami menyarankan untuk mencuci mobil dengan lap microfiber dan air mengalir serta sabun khusus cuci mobil untuk mengurangi baret halus pada clear coat.

Setelah mengetahui 4 penyebab tersebut, PT Hyundai Mobil Indonesia tentunya berharap mobil Hyundai milik Hyundai Lovers bisa semakin terjaga kondisi catnya. Bila ada kerusakan pada cat dan memerlukan perbaikan seperti cat ulang, tenang saja…, kami memiliki fasilitas Body Repair yang tersedia di sebagian jaringan kami di PT Hyundai Mobil Indonesia (http://www.hyundaimobil.co.id/booking-service).