20 July 2022 09:52 WIB

4 Penyebab Utama Rem Berdecit, Bisa Saja Berbahaya

Rem seringkali mengeluarkan bunyi berdecit ketika sedang diinjak. Seringkali, hal ini bisa memberikan rasa parno kepada beberapa orang. Apalagi, rem merupakan komponen yang sangat vital dimana ketika mengalami malfungsi, bisa menentukan masa depan seseorang.

Ada 4 penyebab utama rem berdecit yang PT Hyundai Mobil Indonesia bisa sebutkan. Perlu diingat, beberapa gejala bisa jadi berbahaya:

1. Kampas Basah

Kampas rem biasanya memiliki bahan dasar metalik atau keramik. Ketika basah dan bersentuhan dengan piringan rem, maka akan menyebabkan bunyi decitan. Hal ini tidaklah berbahaya dan tidak akan merusak mobil.

Baca juga: Cegah Rem Overheat, Itulah Tujuan Engine Brake

2. Kampas Aftermarket

Kampas aftermarket bisa jadi memiliki bahan inti yang berbeda, misalnya kampas rem untuk kebutuhan balap. Kampas tersebut lebih agresif sehingga akan menghasilkan bunyi decitan ketika digunakan.

3. Objek Lain

Rem berdecit karena ada objek lain di sela-sela kampas dan piringan rem, misalnya kerikil atau objek kecil lainnya. Pada kondisi seperti ini, bisa merusak rem dan cukup berbahaya. Karena objek tersebut berpotensi merusak kampas dan piringan rem.

4. Penanda Sudah Tipis

Pada beberapa model kampas, ketika sudah tipis, akan ada bagian besi yang mengenai piringan. Suaranya memang seringkali tidak berdecit, lebih seperti suara gesekan antar besi. Jika bunyi ini muncul, maka segera jadwalkan servis untuk penggantian kampas rem.

Jika tanda-tanda tersebut muncul dan pedal rem terasa abnormal, Hyundai Lovers sebaiknya segera hubungi jaringan bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia terdekat. Atau untuk semakin mudah, lakukanlah Booking Service melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service.

Share