11 January 2024 06:24 WIB

4 Tips Menjaga Visibilitas Bermobil Saat Hujan

Hujan seringkali menjadi tantangan ketika mengemudi, terutama ketika berbicara tentang visibilitas. Jalanan yang sudah sulit terlihat karena air akan lebih sulit terlihat karena beberapa faktor lain, misalnya gelap dan embun di kaca.

Untuk itu, PT Hyundai Mobil Indonesia memiliki 4 tips sederhana untuk menjaga visibilitas pada saat hujan.

1. Wiper

Salah satu komponen yang paling mudah adalah wiper. Cek kondisi bila wiper agar bisa menyeka hujan dan embun secara maksimal. Jika mobil sudah berusia, ada baiknya cek juga kondisi motor wiper, apalagi bila gerakannya sudah melambat.

2. Kaca

Kaca yang bebas jamur atau waterspot akan jauh lebih mudah diseka oleh wiper, bahkan ketika super bersih, air tidak akan menempel pada kaca. Pastikan kaca sudah bersih dengan poles khusus. Akan lebih baik lagi jika kaca diberikan coating yang ampuh untuk mencegah air menempel pada kaca.

3. Defogger

Bila embun seringkali terbentuk, manfaatkanlah fitur defogger yang sudah ada di kebanyakan mobil Hyundai. Defogger akan membantu menghilangkan embun karena perbedaan suhu antara interior dan eksterior.

Baca juga: Cegah Embun Dengan Defogger Pada Mobil Hyundai

4. Lampu

Ketika hujan, ada baiknya menyalakan lampu baik lampu utama maupun foglamp. Hal ini akan membuat Anda lebih mudah terlihat pengendara lain dan juga membantu Anda melihat keluar. Namun jangan gunakan lampu hazard (sein 2) ketika sedang berjalan karena bisa menjadi ambigu bagi pengendara lain yang malah bisa menjadi bahaya. 

Itulah 4 tips sederhana untuk menjaga visibilitas ketika sedang hujan. Ada baiknya mobil dalam keadaan prima sehingga bisa menembus hujan dengan aman.

Bila hendak melakukan servis atau perbaikan, kunjungilah jaringan bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia. Anda juga bisa melakukan Booking Service melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service.