22 May 2023 10:11 WIB

Pemilik Hyundai Jangan Khawatir Sebab Ada Fitur TPMS

Ban kempis seringkali terjadi karena masalah sepele, yaitu tekanan ban yang tidak dicek secara berkala. Alhasil, ban kempis seringkali tidak terantisipasi. Andai bila bisa mengecek tekanan ban secara terus menerus.

Pada mobil Hyundai, hal ini bisa dilakukan karena beberapa model yang dipasarkan PT Hyundai Mobil Indonesia memiliki fitur Tyre Pressure Monitoring System alias TPMS.

Sistem TPMS pada mobil Hyundai memiliki sensor pada area pentil ban alias valve. Sehingga sensor ini harus selalu ada pada pentil ban meskipun velg sudah diganti.

Dengan sensor ini, maka tekanan ban akan terbaca pada bagian instrument cluster. Idealnya, tekanan ban harus berada di angka 32-35 psi. Jika tekanan dari salah satu ban sudah rendah, maka akan ada indikator peringatan pada cluster.

Namun perlu diingat, sensor ini baru bisa bekerja bila mobil sudah berjalan. Sehingga bila tekanan ban tidak terbaca, jalankan mobil untuk beberapa saat agar terbaca.

Baca juga: Jalan Dengan Ban Bocor? Bisa Saja

Sistem TPMS ini sendiri sudah tersedia mulai dari Hyundai Stargazer tipe Style dan Prime, Hyundai Creta tipe Trend, Style, dan Prime (hanya muncul tulisan “low line”, Hyundai Santa Fe, Hyundai Staria, Hyundai Palisade, dan Hyundai Ioniq 5.

Cari tahu lebih dalam tentang mobil Hyundai di Indonesia melalui https://hyundaimobil.co.id/vehicles.