28 July 2023 08:32 WIB

5 Penyebab AC Mobil Menjadi Panas

Indonesia adalah satu negara yang bisa dibilang sangat memerlukan AC pada mobil, apalagi di kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya. Udara yang panas membuat fitur AC menjadi sangat penting dan bisa menjadi deal breaker bagi sebagian besar orang.

AC sendiri bisa jadi bekerja dengan tidak optimal. Misalnya AC yang biasanya dingin mendadak menjadi panas. Tapi tenang saja, karena pasti ada hal yang menyebabkan AC mendadak jadi panas.

Apa saja hal yang bisa menyebabkan AC menjadi panas? PT Hyundai Mobil Indonesia bocorkan sedikit:

1. Freon Kurang

Salah satu penyebab utama adalah freon yang berkurang. Kandungan freon pada sistem AC bekerja sebagai media pendingin. Bila kurang, tentu performa dari AC akan menurun.

2. Extra Fan Mati

Biasanya, mobil memiliki kipas khusus untuk AC agar kondensor bisa mendapatkan udara segar untuk mendinginkan kabin. Bila kipas tersebut mati, maka AC akan terasa lebih panas, apalagi pada kecepatan rendah atau ketika sedang berhenti. Biasanya jika ini sebabnya, AC akan terasa dingin pada saat berjalan namun panas saat berhenti.

3. Evaporator Kotor

Evaporator yang kotor bisa mengurangi performa AC karena aliran udara AC yang berkurang. Hal ini tentunya membuat kipas AC juga tidak bisa bekerja dengan optimal.

4. Filter AC Kotor

Mirip dengan sebelumnya, filter AC atau kabin yang kotor akan menghambat aliran udara dalam kabin. Lalu, kabin mungkin akan terasa pengap atau ‘sumpek’.

5. Kompresor Bermasalah

Salah satu penyebab yang bisa terjadi adalah kompresor bermasalah. Kompresor bisa dibilang sebagai inti utama dari sistem AC. Bila kompresor tidak bisa memberikan tekanan yang cukup atau tidak bekerja dengan baik, maka freon tidak bisa didinginkan dengan maksimal.

Baca juga: Bijak Dan Smart Dalam Menggunakan Drive Mode Hyundai

Itulah 5 penyebab AC bisa mendadak jadi panas. Beberapa perbaikannya pun sederhana mulai dari ganti filter, isi ulang freon, tetapi bisa jadi rumit ketika misalnya harus mengganti kompresor.

Bila terjadi masalah pada sistem AC, jangan sungkan untuk melakukan perbaikan di bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia. Apalagi, Anda bisa melakukan Booking Service melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service.