01 December 2022 07:57 WIB

6 Penyebab Engine Mounting Cepat Rusak

PT Hyundai Mobil Indonesia sebelumnya pernah membahas tanda-tanda engine mounting sudah rusak dan perlu diganti. Biasanya, mobil akan terasa lebih bergetar dan menjadi kurang nyaman.

Karena, engine mounting yang biasanya terbuat dari karet seharusnya meredam getaran mesin dan gerakan mesin. Sehingga mobil tidak bergetar.

Namun, apa yang menyebabkan engine mounting rusak atau cepat rusak? Ternyata ada beberapa.

1. Usia

Seperti komponen lainnya, engine mounting juga memiliki usia. Setelah melalui banyak tekanan dan getaran, karet dari engine mounting akan rusak kehilangan kemampuan peredamannya, membuat kabin menjadi bergetar.

2. Gaya Mengemudi

Gaya mengemudi rupanya bisa merusak engine mounting, terutama pada mobil bertransmisi manual. Hentakan dari cara mengemudi manual yang agresif bisa memberikan beban berlebih kepada engine mounting dan membuatnya cepat rusak.

3. Bekas Kecelakaan

Ketika terjadi benturan pada mobil, bisa saja ada pergeseran dan ada daya yang diserap oleh engine mounting. Gaya berlebihan ini bisa membuat karet dari engine mounting rusak. Sehingga ketika terjadi benturan yang cukup besar, sebaiknya engine mounting diganti

4. Kebocoran Oli

Oli merupakan musuh bagi komponen karet seperti pada engine mounting. Jika terjadi kebocoran, maka akan menyebabkan karet dari engine mounting lebih cepat rusak.

5. Komponen Defek

Pada beberapa kondisi, bisa saja komponen engine mounting yang digunakan tidak sesuai standar dan memiliki defek. Hal ini tentunya membuat umurnya menjadi lebih pendek. Untungnya pada bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia, semua komponen yang dijual merupakan produk asli dan lolos QC serta bergaransi.

Baca juga: 3 Pertanda Engine Mounting Harus Diganti

6. Salah Pemasangan

Engine mounting perlu pemasangan yang presisi. Jika terjadi kesalahan, akan membuatnya cepat rusak. PT Hyundai Mobil Indonesia sangat menyarankan penggantian engine mounting di jaringan bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia untuk pemasangan yang presisi.

Hyundai Lovers pun dapat menemui jaringan bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia pada https://hyundaimobil.co.id/network-contact. Apalagi, Anda dapat memanfaatkan layanan Booking Service online yang dapat diakses pada https://hyundaimobil.co.id/booking-service.