09 August 2022 10:06 WIB

Aki Mobil Habis? Ini Cara Buka Pintu Manual Keyless Entry

Mobil masa kini seperti Hyundai Stargazer dan Hyundai Creta sudah menggunakan sistem Smart Keyless Entry. Hal ini mempermudah pengguna mobil untuk membuka kunci mobil tanpa merogoh kantong karena mobil bisa mendeteksi kehadiran kunci dan bisa dibuka dengan sentuhan tombol pada pintu selama kunci berada di dekat mobil.

Namun, bagaimana bila aki mobil habis dan sistem Keyless Entry tidak bisa digunakan? Apalagi, aki mobil bisa saja habis kapanpun, misalnya di parkiran rumah, maupun saat sedang di luar rumah. Membuka kap mesin pun tidak bisa karena pembuka kap mesin berada di dalam mobil yang terkunci.

Baca juga: Baterai Kunci Lemah? Masih Bisa Kok Nyalakan Mobil

Tenang saja, karena, ada cara manual untuk membuka pintu mobil yang memang didesain untuk saat darurat seperti ini.

Pertama-tama, pada kunci keyless mobil Hyundai, terdapat sebuah tombol kecil. Tombol ini akan melepas batang kunci manual yang bisa digunakan untuk membuka pintu mobil jika sistem keyless tidak bisa digunakan.

Lalu, pada gagang pintu sisi pengemudi, bonggol area kiri bisa dicongkel dari bawah, ada sebuah slot untuk mencongkel bonggol tersebut, namun hati-hati agar tidak baret dan hilang, congkel dengan benda tipis dan halus, atau dengan obeng minus yang dilapisi kain.

Jika sudah terbuka, akan ada lubang kunci yang tertanam pada area tersebut. Masukkanlah kunci manual tadi dan putar untuk membuka pintu. Pintu mobil Hyundai Anda pun akan terbuka secara manual untuk mengakses kap mesin dan mengganti aki. Selamat mencoba!