29 October 2021 09:03 WIB

Baterai Kunci Lemah? Masih Bisa Kok Nyalakan Mobil

Kunci model keyless adalah teknologi terpintar masa kini. Kunci ini aman, pintar, dan tentunya bertujuan untuk tidak merepotkan penggunanya. Kunci model keyless sendiri bisa ditemui pada model Hyundai Staria, Hyundai Santa Fe, Hyundai Palisade, Hyundai Kona Electric dan Hyundai Ioniq Electric.

Namun, pada saat tertentu, misalnya ketika usia mobil sudah lama, begitu juga usia komponen lainnya, tidak terkecuali baterai kunci keyless Hyundai. Lama-kelamaan, baterai dari kunci ini akan habis.

Baca juga: Hyundai Lovers Bisa Cegah Terjadinya Aki Soak

Jika benar habis, maka bagaimana cara menyalakan mesinnya? Sebab tidak ada lubang kunci konvensional untuk menyalakan mesin.

Caranya sederhana. Untuk menyalakan mesin, tempelkan bagian ujung kunci pada tombol start/stop sambil menginjak rem. Jadi, caranya sama saja seperti biasa, hanya saja kunci harus menempel pada tombol.

Dengan menempelkannya, mobil akan mendeteksi kehadiran kunci dan mendeteksi chip immobilizer. Sehingga, mobil pun akan nyala dan bisa digunakan.

Namun, jika sudah terlalu lemah bahkan soak, hal ini mungkin akan menyulitkan. Sehingga ketika sudah terindikasi lemah seperti jarak remote yang berkurang, maka PT Hyundai Mobil Indonesia menyarankan agar segera mengganti baterai kunci tersebut.

 

Share