11 January 2022 11:04 WIB

Apa Akibatnya Jika Oli Mesin Tidak Turut Diganti?

Mengganti oli mesin seakan-akan sudah jadi kewajiban untuk pemilik mobil. Hyundai Lovers tentunya konsisten melakukan penggantian oli kan? Tujuannya satu, menjaga kondisi mesin agar terus optimal dan awet. PT Hyundai Mobil Indonesia sendiri menyarankan untuk melakukan penggantian setiap 10.000 Km atau dalam kurun waktu 6 bulan.

Memangnya, apa akibatnya bila oli tidak diganti dalam waktu lama? Misalnya melebihi 6 bulan atau 10.000Km. Ternyata ada beberapa penjelasannya. 

Pertama-tama, oli yang ada pada mesin akan membentuk kerak dalam waktu lama.  oli yang berkerak ini akan memperberat kinerja mesin sehingga mesin lebih boros dan tidak bertenaga. 

Baca juga: Cegah Blow By Dengan Servis Kendaraan Secara Rutin

Lalu fatalnya, kerak ini akan mengurangi pelumasan mesin, menyebabkan gesekan, dan akan merusak internal mesin dalam jangka panjang.

Jika sudah mengalami kerusakan, utamanya baret pada blok atau metal mesin yang tergesek, maka perlu melakukan penggantian komponen yang tidak murah.

Sehingga, selalu konsisten mengganti oli kalian ya Hyundai Lovers, agar mesin tetap awet dan tahan lama untuk terus digunakan.

 

Share