05 January 2022 08:09 WIB

Cegah Blow By Dengan Servis Kendaraan Secara Rutin

Hyundai Lovers mungkin pernah mendengar istilah Blow By? Sebuah istilah yang menggambarkan Blow By adalah sebuah situasi dimana terjadi kebocoran karena tekanan tinggi.

Hal ini bisa terjadi di mesin manapun. Namun kebanyakan kasus dari Blow By terjadi pada mesin diesel. Hal ini bisa dikaitkan dengan kompresi mesin diesel yang sangat tinggi. Misalnya bisa saja terjadi pada Hyundai Santa Fe yang memiliki kompresi mesin hingga 16:1 pada varian dieselnya, jika minim perawatan.

Baca juga: Ganti Oli Tidak Selalu Bergantung Pada Kilometer

Blow By secara definisi adalah ketika gas dari ruang bakar masuk ke dalam area crank karena ring piston tidak menyegel sempurna. Namun ini sebenarnya normal, tidak ada ring piston yang mampu menyegel gas 100% agar tidak masuk ke ruang crankshaft.

Nah, sebenarnya, ada ventilasi khusus pada ruang crankshaft yaitu Positive Crankshaft Ventilation (PCV). Tujuannya untuk membuang gas pada area crankshaft agar mesin tidak terbebani.

Namun, bila mobil kurang terawat dan ring piston mulai aus, selain oli mulai terbakar, gas ruang bakar juga akan masuk ke ruang mesin. Hasilnya, tenaga bisa menurun.

Untuk itu, ada baiknya selalu melakukan servis dan perawatan pada mobil, utamanya melakukan penggantian oli secara berkala di waktu yang tepat. Tentunya di jaringan bengkel resmi Hyundai untuk perawatan terbaik.

 

Share