09 January 2024 11:57 WIB

Apa Makna Tanda Panah Tread Wear Indicator Pada Ban?

Setiap ban mobil Hyundai tentu seperti ban mobil pada umumnya. Ban memiliki beragam informasi yang ada pada bagian dinding ban (sidewall) yang memberikan banyak informasi berguna untuk penggunanya.

Salah satunya adalah sebuah arah panah kecil dengan tulisan TWI. Apakah makna tulisan ini? PT Hyundai Mobil Indonesia akan jelaskan.

TWI merupakan singkatan dari Tread Wear Indicator atau indikator keausan ban. Indikator ini sendiri tidak ada di area dinding ban, karena tulisan TWI hanya berfungsi untuk memberitahu lokasi TWI yang sebenarnya. Mengacu pada arah panah tersebut, akan ada area menonjol pada alur ban. Tonjolan tersebutlah yang disebut sebagai Tread Wear Indicator alias TWI tadi.

Mengetahui fungsinya tidaklah sulit. Ketika TWI masih tidak setara dengan ban, maka ban masih layak digunakan dan aman untuk mencegah aquaplaning. Namun ketika TWI sudah rata dengan kondisi sekelilingnya, maka ban sudah kurang aman untuk digunakan meskipun sudah ada alur.

Baca juga: Ketahui Ukuran Ban Mobil Hyundai Melalui Kode Ini

Hal ini berfungsi sebagai peringatan kepada pengemudi untuk segera mengganti ban bila TWI sudah mulai habis. Sehingga ada baiknya Hyundai Lovers rajin melakukan pengecekan mandiri pada ban mobil Hyundai Anda.

Jika Hyundai Lovers melakukan perbaikan atau servis di jaringan bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia, maka tenang saja, karena mobil pasti akan dicek secara menyeluruh oleh teknisi PT Hyundai Mobil Indonesia.

Anda pun bisa melakukan Booking Service untuk menghemat waktu melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service.