10 September 2022 09:54 WIB

Bahaya Melepas Setir Meski Dengan Hyundai SmartSense

Beragam mobil Hyundai yang dipasarkan PT Hyundai Mobil Indonesia kini sudah dilengkapi dengan salah satu fitur andalan Hyundai, yaitu Hyundai SmartSense yang akan membantu Hyundai Lovers dalam mengemudi untuk menghindari kecelakaan.

Salah satu isi dalam paket Hyundai SmartSense tersebut adalah Lane Keeping Assist. Lane Keeping Assist (LKA) adalah fitur yang membaca garis pada jalan dan akan membantu pengemudi untuk tetap berada di jalurnya. Fitur LKA akan membantu dengan menggerakan setir.

Baca juga: Hindari Overspeed Dengan Speed Limiter Hyundai

Tetapi banyak yang memanfaatkan fitur ini dengan tidak memegang setir sama sekali dan membiarkan sistem LKA mengambil alih. Padahal, hal ini tidaklah bijak.

Karena, fitur LKA tidak bisa melakukan manuver mendadak. Fitur LKA bisa menggerakan setir, namun tidak dengan cepat dan tiba-tiba. Jika diperlukan manuver yang lebih tajam atau darurat, fitur LKA tidak bisa membantu.

Jika tangan tidak memegang setir juga, tentunya bisa jadi terlambat mengambil tindakan pada situasi darurat dan bisa menyebabkan kecelakaan.

Sehingga, meskipun sudah dilengkapi dengan segudang fitur seperti LKA, tetaplah mengemudi dengan bijak ya Hyundai Lovers. Tetap siaga saat mengemudi dan peganglah setir ketika berjalan.

Share