26 January 2021 02:47 WIB

Baterai Lithium-Ion Lebih Aman Dan Efisien

Baterai yang ada di dunia terdiri dari beberapa jenis dan tidak hanya satu jenis saja. Umumnya, baterai yang ada terbuat dari bahan dasar nikel yang sudah dipercaya dan digunakan sejak dulu.

Baterai ini tentunya memiliki performa yang baik. Namun, ada beberapa kelemahan dari baterai berbahan dasar nikel yang tidak bisa diatasi. Seperti efisiensinya yang cukup rendah dan kepadatan energi nya yang sedikit.

Baterai berbahan dasar nikel sendiri tidak bisa bertahan lama ketika dicas dan digunakan terus menerus. Semakin sering siklus tersebut terjadi, kekuatan voltasenya akan menurun dan baterai tersebut pun melemah.

Dengan kata lain, baterai nikel tidak terlalu efisien sehingga diperlukan bahan dan teknik lain agar lebih efisien, apalagi ketika berbicara tentang baterai mobil listrik yang cukup berat dalam menggunakan baterainya.

Karena itu, mobil listrik Hyundai yaitu Hyundai Kona Electric dan Hyundai Ioniq menggunakan baterai bermodel Lithium-Ion yang jauh lebih modern.

Mengapa jauh lebih modern? Karena baterai ini bisa menyelesaikan seluruh masalah yang disebutkan di atas.

Salah satu yang terpenting juga, baterai ini sanggup mengalami banyak siklus cas dan penggunaan sehingga lebih tahan lama. Dengan teknologi baterai tersebut pula, komponen baterai dari mobil listrik Hyundai tidak perlu diragukan dalam ketahanan dan efisiennya.

 

Share