11 October 2022 08:28 WIB

Berapakah Temperatur Operasional Optimal Mesin Hyundai?

Mesin sebaiknya selalu bekerja pada temperatur optimal. Hal ini untuk memastikan semua komponen mesin seperti piston telah memuai dengan pas dan oli sudah bersirkulasi dengan sempurna pada mesin.

Tetapi tentunya, ada rentang optimal pada temperatur mesin mobil Hyundai. Berapakah rentang temperatur ini?

Baca juga: Temperatur Mesin Tidak Normal? Cek 3 Komponen Ini

Sebenarnya, rentang temperatur ini tidak berbeda dari mesin mobil lainnya, yaitu kisaran 75°C sampai 105°C. Tetapi rata-rata mobil beroperasi pada suhu sekitar 85°C hingga 90°C.

Jika membaca dari termometer mesin yang terlihat pada cluster, suhu optimal mesin adalah pada area setengah dari termometer tersebut. Jika temperatur sudah berada pada area tersebut, maka mesin bisa digunakan dengan aman atau bahkan digunakan sepenuhnya.

Maka dari itu, PT Hyundai Mobil Indonesia selalu menyarankan untuk memanaskan mobil setidaknya 30 detik sebelum berjalan. Kemudian, berjalanlah tanpa melebihi 2.500 RPM sampai suhu sudah berada di titik optimal.

Jika ada kendala pada mesin mobil, maka segera kunjungi jaringan bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia untuk penanganan terbaik. Apalagi, Hyundai Lovers bisa melakukan Booking Service melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service.