11 June 2024 08:00 WIB

Bukan Mudah Ringsek! Crumple Zone Bantu Hyundai Modern Lebih Aman

Ketika melihat mobil yang bekas mengalami laka lantas, seringkali orang menilai kalau mobil masa kini tak terkecuali mobil Hyundai mudah ringsek dibandingkan dengan mobil lama. Karena bagian depan mobil seringkali terlihat hancur ketika mengalami tabrakan.

Padahal hal ini bukanlah karena penurunan kualitas, namun menunjukkan tingkat keselamatan yang lebih tinggi pada mobil modern seperti pada mobil Hyundai terkini. Karena pada mobil terkini, ada area yang dinamakan Crumple Zone.

Baca juga: Auto Hold Hyundai Miliki Sistem Keamanan Dan Keselamatan Canggih

Secara singkat, Crumple Zone adalah area mobil yang sengaja dikorbankan untuk hancur guna menyerap energi ketika terjadi kecelakaan, utamanya tabrakan.

Tujuannya satu, menjaga kabin tetap seutuh mungkin ketika terjadi kecelakaan. Hal ini mengikuti hukum fisika dimana energi yang dialami suatu benda harus disalurkan. Crumple zone lah yang mengambil energi ini dan menyalurkannya ke area lain pada mobil, tidak menyalurkan ke kabin.

Bila tidak ada crumple zone, maka ketika terjadi kecelakaan, seluruh energi dari tabrakan tersebut akan tersalurkan ke kabin atau bahkan ke penumpang secara langsung. Kurang lebih bayangkan saja dengan melakukan rem mendadak dan mengerem secara halus, crumple zone bisa dibilang memperhalus perlambatan yang terjadi.

Selain itu, bila tenaga tersebut tersalurkan ke kabin, kabin bisa berubah bentuk seperti dashboard yang terdorong ke belakang yang kemudian menjepit para penumpangnya. Atau mungkin benturan tersebut mengenai pintu sehingga pintu tersangkut dan tidak bisa dibuka, mempersulit evakuasi para korban kecelakaan.

Untuk itu, rangka atau bodi pada kendaraan pun sengaja dibuat ringkih pada bagian tersebut, umumnya bagian depan dimana sering terjadi tabrakan dengan kecepatan yang cukup tinggi. Namun pada area kabin, dibuat lebih kuat untuk melindungi penumpang serta struktur dari mobil.

Alhasil mobil Hyundai terkini yang dipasarkan PT Hyundai Mobil Indonesia pun bisa mendapatkan tingkat keselamatan yang sangat baik, misalnya Hyundai Ioniq 5 yang mendapatkan bintang 5 alias nilai tertinggi pada uji keselamatan Euro NCAP.

Penasaran dengan Hyundai Ioniq 5? Yuk lakukan Test Drive di jaringan dealer PT Hyundai Mobil Indonesia melalui https://hyundaimobil.co.id/test-drive.