19 July 2024 07:00 WIB

Cabut Oil Dipstick Untuk Mengetahui Level Oli Mesin Mobil

Semoga Anda bukan pemilik Hyundai yang tak peduli dengan kondisi mesinnya. Melakukan pengecekan mobil yang dilakukan sendiri, bisa dilakukan dengan santai di akhir minggu. Selain memeriksa tekanan udara ban, air radiator, air wiper dan minyak rem secara rutin sebagai bagian dalam perawatan, juga diperlukan disiplin dalam pengecekan kondisi oli mesin.

Memang betul pemilik mobil akan dibantu dengan indikator yang menyala pada engine cluster. Namun itu bukan antisipasi, melainkan tanda alarm bahwa oli telah berkurang jauh. Peranti pengingat lainnya adalah kartu ganti yang biasanya digantungkan di area belakang setir. Tapi sejumlah kesibukan bisa jadi membuat kita lupa akan waktu ganti oli. 

Hemat Dengan Mobil Listrik? https://hyundaimobil.co.id/news/details/beli-hyundai-ioniq-5-hemat-hingga-rp-75-juta-dengan-ppn-1

Untuk itu ada baiknya kita juga secara preventif melakukan pengecekan berkala secara manual. Namun bagaimana caranya? Mungkin beberapa pemilik Hyundai sudah mengerti, namun mungkin saja belum paham. 
1. Cek Sebelum Mesin Dihidupkan
Mesin yang dingin, akan menghindarkan kita dari oli yang panas, apalagi jika mobil sudah dikemudikan dalam waktu yang cukup lama.
2. Temukan Dipstick
Mudah kok mencarinya. Warnanya yang berbeda (kuning, merah, hitam, biru) menjadi pembeda keberadaannya di ruang mesin. Apalagi berkat tulisan Engine Oil yang tertera, mudah membantu kita menemukannya.
3. Cabut Dipstick Oli
Sebelumnya siapkan kain lap untuk membersihkan ujung dipstick saat ditarik pertamakalinya. Hal ini berguna untuk mengetahui lebih jelas posisi oli yang akan dibaca. 
4. Baca Posisi Level Oli
Setelah bersih, masukkan kembali dipstick sepenuhnya, kemudian tarik dan cek level olinya. Untuk mengeceknya, lihat tanda minimum (L, low) dan maksimum (F, full) pada dipstick. Kondisi oli yang baik tentunya saat cairan berada di antara huruf F dan L. Bila level oli berada di tengah-tengah posisi tanda F dan L artinya oli mobil kesayangan sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan. Sedangkan bilamana level oli di atas tanda F, harus segera menguranginya. Namun saat level di bawah batas L, Anda wajib menambah olinya.

Setidaknya dengan 4 langkah ini, Hyundai Lovers makin mengerti kondisi oli mobil kesayangannya. Jika membutuhkan bantuan, segera boyong Hyundai kesayangan untuk mengganti oli di jaringan PT Hyundai Mobil Indonesia. Bila ingin lebih mudah, cukup hubungi melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service