26 May 2021 09:12 WIB

Cara Merawat Cat Secara Sederhana

Cat mobil bisa jadi salah satu cara termudah untuk menentukan kondisi suatu mobil. Karena cat adalah bagian mobil yang cukup sensitif bila tidak terawat, akan merefleksikan bagaimana kurang lebihnya sebuah mobil itu dirawat.

Biasanya jika cat tidak dirawat, ada beberapa tanda-tandanya. Misalnya banyak baret halus, warna yang memudar, atau bahkan cat sampai terangkat jika sudah dalam kondisi yang sangat buruk.

Padahal, merawat cat tidaklah sulit. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat cat.

1. Hindari Parkir Di Bawah Pohon

Pohon bisa menjatuhkan berbagai objek ke permukaan mobil. Misalnya daun, ranting, atau bahkan getah. Seluruh hal tersebut bisa merusak cat mulai dari membaret cat secara halus, hingga mengikis cat karena sifat getah yang seringkali asam. Binatang yang bertengger di pohon pun juga berpotensi merusak cat.

2. Parkir Mobil di Tempat Teduh

Sinar UV dari matahari bisa memberikan dampak buruk bagi cat. Bila terlalu sering terpapar sinar matahari, maka lapisan pernis dari cat akan memudar membuat cat terlihat usang. Sehingga, ada baiknya mobil diparkir di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

3. Lap Mobil Dengan Mikrofiber

Ketika mencuci mobil, ada biaknya menggunakan lap mikrofiber. Hal ini karena ada partikel kecil yang bisa menimbulkan baret halus pada mobil. Lap mikrofiber mencegahnya dengan menahan partikel kecil tersebut di dalam serat-seratnya sehingga tidak mengenai cat mobil.

4. Jangan terlalu Sering Dipoles

Poles merupakan salah satu cara terbaik untuk mengembalikan kondisi cat mobil karena lapisan pernis lama yang rusak akan dihilangkan. Tetapi, karena dihilangkan, otomatis pernis akan semakin menipis. Lama-kelamaan, pernis akan habis yang membuat cat tidak terlindungi.

5. Coating

Kini sudah banyak metode perlindungan cat seperti coating. Coating akan memberikan perlindungan ekstra bagi cat sehingga tidak mudah rusak. Bahkan, ada juga metode yang lebih mahal seperti Paint Protection Film atau PPF.

Itulah Hyundai Lovers beberapa cara merawat cat mobil. Jika cat mengalami kerusakan dan harus dicat ulang, ada baiknya melakukannya di bengkel resmi Hyundai untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

 

Share