15 September 2022 09:33 WIB

Cara Merawat Jok Kulit Secara Sederhana

Jok kulit selalu menjadi primadona dalam interior mobil. Bahan kulit dianggap sebagai bahan yang superior karena memberikan rasa yang nyaman, halus, dan tentunya terasa lebih elegan.

Jok kulit sendiri sudah standar pada sebagian besar mobil yang dipasarkan PT Hyundai Mobil Indonesia, misalnya pada beberapa tipe Hyundai Stargazer dan Hyundai Creta, Hyundai Santa Fe, Hyundai Palisade dan lainnya.

Baca juga: Kelebihan Dari Konfigurasi Captain Seat Hyundai

Namun bukan berarti jok kulit tidak memerlukan perawatan. Bila tidak dirawat, jok kulit bisa retak dan sobek, hal ini akan mengurangi kenyamanan dan tentunya membuat interior tidak enak dilihat. Perbaikannya pun seringkali tidak murah.

Sehingga, ada beberapa cara dari PT Hyundai Mobil Indonesia untuk menjaga kondisi jok kulit.

1. Jaga Agar Selalu Kering

Jok kulit sebaiknya dipastikan untuk selalu kering. Hal ini karena beberapa jenis jok kulit dapat menyerap cairan dan membuatnya kusam dan terlihat bernoda. Jika terkena cairan, sebaiknya segera dibersihkan.

2. Gunakan Sabun Yang Benar

Jok kulit tidak bisa dibersihkan dengan sembarang sabun. Beberapa sabun bisa membuat jok kulit kering dan akhirnya getas. Gunakanlah produk perawatan jok kulit yang benar meskipun harganya seringkali tidak murah. Leather Conditioner adalah salah satu jenis sabun atau obat yang tepat untuk menjaga kondisi jok kulit.

3. Gunakan Lap Microfiber

Ketika mengelap jok kulit, gunakanlah lap microfiber. Hal ini untuk mencegah baret dan robek pada permukaan kulit dari jok agar tetap halus.

4. Jangan Biarkan Sabun Kering

Sabun atau obat jok kulit sebaiknya tidak dibiarkan mengering tanpa di lap. Jika dibiarkan, hal ini akan percuma karena obat tidak diserap oleh kulit dari jok, dan bisa saja malah membuat jok getas.

Share