26 June 2023 11:39 WIB

Cara Mudah Bersihkan Material Fabric

Beberapa mobil Hyundai memang masih menggunakan bahan jok fabric atau kain. Adapaun beberapa bagian dari mobil memang masih terbuat dari bahan fabric, misalnya karpet. Beberapa orang bahkan ada yang lebih suka bahan fabric ini karena beberapa alasan, misalnya tidak terasa tergesek, atau tidak terlalu panas ketika terkena matahari.

Namun bahan fabric cenderung mudah kotor. Sehingga PT Hyundai Mobil Indonesia ingin memberikan beberapa cara untuk membersihkan bahan fabric:

1. Vakum

Seperti biasa, kotoran yang tidak menempel dapat divakum seperti bagian interior lain. Ini adalah tahap awal untuk membersihkan interior mobil.

2. Awasi Noda

Awasi noda atau bercak baru pada bahan fabric. Jika ada, segera bersihkan sebelum noda menyerap ke dalam jok atau bahan fabric, coba dahulu dengan lap yang dapat dilanjutkan ke tahap selanjutnya.

3. Gunakan Sabun Yang Tepat

Ada berbagai solusi pembersih untuk bahan fabric. Bila tidak yakin, sabun semacam All Purpose Cleaner (APC) bisa jadi solusi yang tepat. Semprotkan sabun tersebut dan lap agar bisa masuk dan membersihkan material.

4. Vakum Basah

Jika masih tersisa, menggunakan vakum basah atau ekstraktor. Sistem vakum ini dapat menarik kotoran yang tertanam dalam bahan fabric dengan lebih efektif.

Baca juga: 4 Cara Basmi Semut Pada Mobil

5. Keringkan

Bila semua sudah selesai, pastikan material dikeringkan dengan benar agar tidak menimbulkan jamur atau suasana lembab dalam mobil.

Itulah cara sederhana untuk membersihkan material fabric, semoga bermanfaat!