08 June 2024 08:00 WIB

Cara Mudah Cek Kebocoran Pada Ban Mobil

Tidak di pagi pagi berangkat kerja, siang saat lunch bareng teman kantor, ataupun pulang ke rumah, hari apes tidak mengenal kalender. Ban bocor bisa terjadi kapan saja kepada siapa saja, Anda pun mungkin bisa mengalaminya.

Bocor atau hanya sekadar kempes, tetap saja merugikan pengendara mobil. Bahkan terkadang kebocoran ban kerap tidak terlihat jelas. Ada ban yang bisa mengalami bocor halus dan sulit terdeteksi. 

Baca juga: Dongkrak Ketinggalan? Ini Cara Mudah Pinjam Dongkrak

Bocor halus memang menyebalkan. Bagai tidak ada kepastian. Bikin gregetan. Lantas bagaimana cara mudah mengecek kebocoran pada ban? PT Hyundai Mobil Indonesia akan berbagi tips sedikit.

Pertama Anda perlu menentukan ban mana dulu yang terindikasi bocor. Anda bisa mengeceknya melalui fitur Tyre Pressure Monitoring System (TPMS) bila tersedia. Bila tidak ada, maka harus dilakukan pengecekan tekanan ban satu per satu. Bila ada ban yang tekanannya tidak normal (lebih kecil dari yang lain), maka ada kemungkinan ban tersebut bocor halus.

Jika sudah ditentukan, menemukan lokasi bocor cukup mudah, Anda hanya memerlukan sebuah botol bekas minum yang tutupnya dilubangi sedikit, serta campuran air sabun.

Semprotkan campuran air tersebut pada ban, Anda mungkin perlu memaju-mundurkan mobil sedikit karena bocor bisa saja berada di area tapak bawah. Jika ada gelembung yang keluar, maka itulah lokasi bocor tersebut.

Dengan mengetahui lokasinya, Anda bisa melakukan penambalan jika Anda memiliki Tyre Repair Kit. Bila tidak ada, tukang tambal ban tentu akan membantu Anda.

Ada masalah lain pada mobil? Lakukanlah perbaikan di bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia. Anda dapat melakukan Booking Service melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service.