30 March 2021 05:43 WIB

Peredam Suara Mesin Hyundai Palisade Yang Senyap

Mesin yang bertenaga selalu berisik? Salah! Semua mesin kombusti internal pasti menimbulkan suara. Bahkan, mesin kecil yang tidak bertenaga pun bisa menimbulkan suara yang nyaring yang terkadang bisa mengganggu.

Kalau begitu bagaimana caranya sebuah Hyundai Palisade dengan mesin diesel bertenaganya tetap nyaman dengan suara yang relatif senyap?

Jawabannya adalah pada sistem knalpot, terutama bagian muffler. 

Sesuai namanya, muffler bertugas untuk meredam suara dari mesin. Karena suara dari mesin relatif besar, maka ukuran muffler ini juga besar, menyesuaikan dengan tingkat suara yang ditimbulkan.

Cara kerjanya cukup sederhana. Ada serangkaian tabung, pipa, dan lubang yang mengarahkan udara dari mesin mengurangi tekanan knalpot. Karena tekanannya berkurang, hal ini mengurangi suara dari knalpot dan membuat mobil tidak berisik.

Selain mengurangi suara, muffler juga mengkombinasikan gelombang suara yang ada dan menggabungkannya dengan gelombang suara lain agar saling membatalkan, mengurangi suaranya lagi.

Untuk itu, jika ingin tetap mengutamakan kenyamanan dan keredaman suara, janganlah melakukan modifikasi pada knalpot, terutama pada bagian muffler yang sangat meredam suara.

 

Share