05 October 2021 10:29 WIB

Pahami Arti DOT Pada Minyak Rem

Hyundai Lovers, ketika hendak membeli minyak rem, biasanya dihadapkan dengan beberapa pilihan. Salah satunya adalah DOT yang diikuti oleh 1 angka. Memangnya, apa DOT ini penting dan apa arti dari DOT ini?

Pertama-tama, DOT sendiri merupakan singkatan dari Department Of Transport (departemen transportasi) yang memberikan penilaian dan standarisasi komponen mobil seperti minyak rem untuk keselamatan.

Penilaian ini diberikan berdasarkan titik didih rem saat basah maupun kering. Secara sederhana, bila sebuah minyak rem memiliki tingkat DOT yang lebih tinggi, maka semakin tahan suhu panas karena titik didih yang tinggi serta lebih awet untuk digunakan.

Nah, titik didihnya berbeda-beda, hal inilah yang menjadi penting. Karena saat minyak rem mendidih karena rem terlalu panas, maka performa pengeremannya akan jatuh dan bisa mengakibatkan rem blong.

Berikut tabel titik didih minyak rem berdasarkan DOT-nya.

 

DOT

Titik Didih Kering

Titik Didih Basah

DOT 2

190°C

140°C

DOT 3

205°C

140°C

DOT 4

230°C

155°C

DOT 5

260°C

180°C

DOT 5.1

270°C

180°C

Baca Juga: Apa Minyak Rem Bisa Dicampur?

Bagaimana cara mengetahui level DOT yang diperlukan? Bisa mengecek buku manual panduan kendaraan. Bisa juga melihat bagian atas tutup master rem, biasanya akan tertulis jenis minyak rem apa yang akan diperlukan.

Tentunya kalau tidak mau ribet, bisa diserahkan ke bengkel resmi Hyundai. Mobil akan diberikan komponen yang benar dan memiliki standar perbaikan yang tinggi.

Dengan mengetahui hal-hal ini, maka diharapkan Hyundai Lovers bisa semakin mengerti mobil Hyundai kesayangan. 

 

Share