20 December 2022 01:06 WIB

Cek 7 Hal Ini Pada Mobil Sebelum Pergi Liburan

Akhir tahun adalah salah satu momen yang ditunggu-tunggu. Momen inilah momen dimana Hyundai Lovers memiliki kesempatan untuk berlibur bersama keluarga dengan mobil Hyundai kesayangan.

Agar semakin aman dan nyaman, PT Hyundai Mobil Indonesia memiliki 7 ceklist komponen yang perlu di cek sebelum perjalanan jauh atau liburan agar mobil terbebas dari kendala dan aman digunakan:

1. Rem

Hyundai Lovers pastinya tidak mau rem mobil mengalami kendala. Secara sederhana, bisa mengecek kondisi kampas rem, apakah masih tebal? Kemudian, rasakan pedalnya. Jika pedal terasa lebih ringan, sebaiknya segera melakukan pengecekan ke bengkel resmi Hyundai terdekat.

2. Lampu

Sebelum bepergian, pastikan seluruh lampu mobil bekerja, sampai ke lampu senja, lampu kabut, dan lampu rem. Anda tidak bisa menebak bagaimana kondisi cuaca di perjalanan sehingga sebaiknya seluruh lampu harus bisa bekerja untuk keamanan.

3. Oli

Cek lah oli pada mobil sebelum melakukan perjalanan. Cek kondisi serta jumlahnya. Jika sudah dekat dengan waktu penggantian, maka gantilah terlebih dahulu. Tidak ada salahnya melakukan penggantian oli lebih cepat dari jadwal yang ditentukan.

4. Air

Cek air maupun cairan lainnya. Cek kondisi air radiator, apakah kotor? Mungkin saja perlu dikuras. Kemudian, cek juga air lain seperti air wiper agar ketika kaca kotor di perjalanan, dapat dengan mudah dibersihkan.

5. Aki

Hyundai Lovers pastinya tidak mau terdampar tidak bisa menyalakan mesin. Karena itu, cek voltase aki sebelum melakukan perjalanan. Apalagi, layanan ini juga tersedia di bengkel resmi Hyundai.

6. Tekanan Ban/Ban

Cek kondisi ban dan tekanannya. Ketebalan ban sebaiknya masih jauh dari Tread Wear Indicator agar ban memiliki daya cengkeram yang cukup ketika permukaan basah. Kemudian, pastikan tekanan ban cukup sesuai dengan rekomendasi yang ada pada buku panduan kendaraan maupun stiker di pilar pintu pengemudi.

Baca juga: 3 Cara Melindungi Cat Mobil Saat Parkir Di Luar Ruangan

7. Bahan Bakar

Terakhir, pastikan bahan bakar pada mobil cukup untuk menempuh perjalanan jauh tersebut. Kemudian, rencanakan juga rute dan SPBU agar tidak kehabisan bahan bakar. PT Hyundai Mobil Indonesia merekomendasikan mengisi bahan bakar ketika tingkat bahan bakar sudah di bawah setengah tangki.

Agar semuanya dicek, Anda juga bisa meminta pengecekan di bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia (http://www.hyundaimobil.co.id/network-contact). Teknisi akan senang hati mengecek komponen-komponen dari mobil untuk memastikan kelayakannya ketika hendak menempuh perjalanan jauh.

Untuk semakin menghemat waktu, PT Hyundai Mobil Indonesia memiliki layanan Booking Service yang bisa Anda manfaatkan dengan mengklik link http://www.hyundaimobil.co.id/booking-service.