31 August 2022 10:08 WIB

Teknologi Hyundai SmartStream D Pada Hyundai Santa Fe

Hyundai Santa Fe terkenal dengan beberapa hal, salah satunya adalah mesin diesel yang meskipun hanya memiliki kapasitas 2.200 cc, namun mempunyai tenaga dan torsi yang sangat tinggi, yaitu 202 Ps dan torsi 440 Nm.

Hal ini karena Hyundai Santa Fe telah dilengkapi dengan mesin diesel SmartStream D. Apa itu mesin Hyundai SmartStream D? PT Hyundai Mobil Indonesia akan bahas secara singkat.

Baca juga: Sistem Mesin DOHC Hyundai Tawarkan Beragam Kelebihan

Secara umum, mesin Hyundai SmartStream adalah rangkaian mesin Hyundai yang memiliki bahan full alumunium yang dirilis pada tahun 2018. Berkat penggunaan bahan ini, maka mesin Hyundai SmartStream D memiliki bobot lebih ringan, sekitar 38 Kg dibandingkan pendahulunya. Nah, Hyundai SmartStream D sendiri adalah varian mesin diesel dari Hyundai SmartStream.

Untuk menghasilkan figur tenaga yang optimal, ada beberapa hal teknis yang luar biasa pada mesin ini. Misalnya tekanan injeksi bahan bakar dimana sistem injeksi bahan bakar Hyundai SmartStream D seperti pada Hyundai Santa Fe memiliki tekanan tinggi, yaitu 2.200 bar untuk pembakaran yang lebih optimal.

Rasio kompresi dari mesin ini juga dibuat sangat tinggi, yaitu 16.0:1 untuk performa terbaik dengan kapasitas yang relatif lebih kecil.

Kemudian, mesin SmartStream D Hyundai Santa Fe juga sudah dilengkapi dengan sistem Continuously Variable Valve Duration atau CVVD. CVVD dapat memvariasikan durasi melalui katup mana yang tetap terbuka. Katup yang terbuka lebih awal dapat tetap terbuka lama dengan membuat cam bergerak perlahan. Sementara itu, katup yang terbuka di akhir dapat menutup lebih awal dengan cam yang lewat dengan cepat.

Ingin merasakan ganasnya mesin SmartStream D dari Hyundai Santa Fe? Tidak perlu repot, lakukan saja Booking Test Drive pada jaringan PT Hyundai Mobil Indonesia yang bisa dilakukan secara online melalui https://hyundaimobil.co.id/test-drive.

Share